logo rilis
Serunya Berwisata Sambil Belajar di Taman Burung dan Taman Reptil TMII
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
10 Juni 2019, 10:15 WIB
Serunya Berwisata Sambil Belajar di Taman Burung dan Taman Reptil TMII
Taman Reptil TMII. FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin

RILIS.ID, Jakarta— Taman Burung dan Taman Reptil Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi salah satu referensi lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Sambil berwisata, Taman Burung dan Taman Reptil TMII bisa menjadi wahana edukasi, khususnya bagi anak-anak. 

Manajer Taman Burung dan Taman Reptil TMII, Piter Kombo, menjelaskan, Taman Burung merupakan wahana favorit bagi pengunjung TMII. Apalagi, menurutnya, bagi pengunjung yang ingin bersantai bersama keluarga. 

"Kalau ingin suasana alam biasanya ke Taman Burung, kalau ingin sesuatu yang unik biasanya ke Taman Reptil," kata Kombo saat berbincang dengan rilis.id, Minggu (9/6/2019). 

Taman Burung dan Taman Reptil TMII yang buka setiap hari itu menyajikan beragam koleksi burung, khususnya dari Indonesia. Hal itu sesuai dengan visi misi TMII ini ingin mengenalkan kekayaan Indonesia. 

Taman Burung memiliki koleksi 97 persen satwa burung dari Indonesia. Mulai dari Burung Cendrawasih, Burung Maleo, Burung Merak Hijau, Burung Elang, Rajawali, hingga Garuda. 

"Itu semua ada di sini. Kita punya 164 jenis, lebih dari seribu ekor," ujar Kombo. 

"Kalau reptil kita punya lebih banyak variasi yang eksotik. Kita punya jenis-jenis biawak seperti Biawak Komodo yang dari Nusa Tenggara. Masih bayi-bayi lucu-lucu baru datang November tahun lalu. Selain biawak kita punya ular-ular yang besar dan bisa berinteraksi, maksudnya bisa dipegang. Kemudian juga ada jenis-jenis buaya, kura-kura, kadal dan lainnya," sambungnya. 

Di Taman Burung dan Taman Reptil masing-masing memiliki hiburan yang berbeda untuk disuguhkan kepada para pengunjung. Di Taman Burung sendiri ada feeding show atau memberi makan burung-burung air. 

Feeding show merupakan atraksi yang sangat dinanti-nanti oleh para pengunjung Taman Burung. Atraksi itu dibuka setiap hari pada pukul 11.30 WIB.

"Di Taman Reptil ada show education reptil. Kita mengenalkan ke masyarakat apa itu reptil kemudian tips kalau tiba-tiba di jalan ketemu ular kita harus ngapain. Terus kita juga ada mancing buaya. Sangat-sangat aman untuk pengunjung dan hewan. Karena kita tidak pakai kail," tutur Kombo.

Pengunjung Bisa Masuk Kandang

Tak banyak Taman Burung untuk berwisata bersama keluarga yang ada di Indonesia. Taman Burung TMII adalah satu-satunya yang ada di DKI Jakarta. Adapun di Indonesia, ada empat taman burung, salah satunya Taman Burung TMII. 

Namun menurut Piter Kombo, Taman Burung TMII adalah satu-satunya yang memiliki konsep pengunjung bisa masuk ke kandang burung-burung atau walk in aviari. Hal itu bisa dilakukan lantaran di Taman Burung TMII ini memiliki kubah raksasa. 

"Jadi bukan seperti melihat burung di kandang, tapi pengunjung masuk ke kandang tanpa batasan. Dan kita di sini taman burung yang punya koleksi burung endemik paling lengkap," jelas Kombo. 

Di Taman Burung TMII, ada tiga kubah raksasa yang bisa dimasuki oleh para pengunjung untuk melihat langsung burung-burung yang yang dikoleksi wahana tersebut. 

Untuk di lokasi Taman Burung Baru, ada dua kubah yang disebut kubah barat dan kubah timur. Menurut Kombo, pembagian kubah barat dan timur itu berdasarkan persebaran hewan berdasarkan peneliti albert wellis.

"Jadi persebaran hewan Indonesia itu dibedakan berdasarkan bentuk jenisnya. Jadi kita bagi antara Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian timur," sebutnya. 

Untuk kubah barat, ungkap Kombo,  berisi burung-burung yang tipikal dari pulau-pulau yang berdekatan seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. Adapun untuk kubah timur, yakni dari wilayah Papua, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi.

"Jadi kalau mau cari Cendrawasih bisa masuk kubah timur, cari Kasuari di kubah timur. Kalau mau cari Elang Jawa, Burung Garuda lambang Indonesia carinya di kubah barat. Cari lambang maskotnya Jakarta, Elang Bondol, di kubah timur," ungkap Kombo. 

Selama Lebaran Idulfitri 1440 Hijriah atau 2019 ini, kata Kombo, Taman Burung dan Taman Reptil menggelar lebih banyak even. Tak hanya itu, menurutnya, pada Lebaran 2019 ini juga mengalami peningkatan pengunjung. 

"Alhamdulillah kita untuk di Taman Burung sendiri dibandingkan dengan tahun 2018 lalu kenaikan per harinya 10-11 persen," lanjutnya. 

Untuk ke depannya, Taman Burung TMII sendiri akan terus meningkatkan fasilitas bagi pengunjung. Di antaranya membuat bentuk tampilan gerbang yang baru dan menambah fasilitas umum untuk pengunjung, yaitu amphiteater terbuka.

"Jadi nanti rencana akan selesai bulan Agustus nanti. Di Taman Burung nanti akan ada show. Sekarang ada, tapi sifatnya interaksi. Kalau nanti ada show juga," pungkasnya.

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID