logo rilis

Sering Cancel Orderan Grab, Salah Driver atau Penumpang?
Kontributor
Ning Triasih
11 Oktober 2018, 14:45 WIB
Sering Cancel Orderan Grab, Salah Driver atau Penumpang?
Aplikasi berbasis transportasi Grab. ILUSTRASI: Laman resmi Grab

RILIS.ID, Jakarta— Anda salah satu pengguna aplikasi berbasis transportasi seperti Grab? Sebaiknya mulai tertib dari sekarang. Jangan suka membatalkan atau cancel pemesanan tanpa alasan yang jelas.

Pasalnya, Grab mengancam penumpang yang kerap cancel orderanan karena dianggap menurunkan performa mitra pengemudi (driver).

Menurut Marketing Director Grab Indonesia Mediko Azwar seperti dikutip dari viva.co.id, penumpang yang doyan cancel orderan bisa mendapatkan hukuman, mulai dari suspensi hingga pemblokiran akun penumpang.

Namun, terkait ancaman pembatalan pemesanan ini, sebenarnya penumpang masih bisa mengajukan banding. Pihak Grab kemudian akan memeriksa alasan pembatalan tersebut.

Lalu, jika benar penumpang sering cancel pemesanan Grab, kira-kira apa alasannya?

Menurut cerita dari sejumlah penumpang Grab dihimpun rilis.id dari Twitter, sebenarnya bukan tanpa alasan mengapa mereka membatalkan pemesanan. 

Hal itu tak lain karena perilaku driver itu sendiri yang dianggap suka seenaknya. Mulai dari mengambil orderan tapi tidak mau pick up, sang driver sendiri yang minta di-cancel karena alasan lokasi terlalu jauh dan masih banyak lagi alasan-alasan lainnya.

Seperti pengalaman salah satu penumpang yang diceritakan oleh warganet di Twitter bernama akun @sescanoor. IDalam cuitannya, i menceritakan perlakuan salah satu driver yang dianggap tidak sopan. Ia pun mengunggah hasil screenshot percakapannya dengan sang driver.

"@GrabID apa pantes seorang driver grab ngomong kaya gini ke penumpangnya? Yang lain kalau kasih alasan juga biasa aja, cuma dia aja nih driver yg bener-bener gak sopan, klo gak bisa tapi sopan kan enak. Kecewa juga sama mitra pengemudinya!" cuit @sescanoor di Twitter.

Seorang warganet melalui akun Twitter @beomnoona juga mencuitkan keluhannya soal kelakuan driver grab yang meminta cancel order-an.

"@GrabID salah satu contoh driver yang ambil orderan tapi gak bisa pick up dan gak mau cancel! Terus kalau kayak gini penumpang disuruh apa hei?! Nunggu? Jam kerja nih! Giliran dicancel, akun penumpang disuspend!! Grab aneh!"

Bahkan, ada salah satu pengguna Grab menceritakan jika ia pernah cancel pemesanan sampai lima kali gara-gara para driver banyak alasan.

"@GrabID minggu ini aku udah cancel 5 kali grab gara gara mereka banyakan alesan. Ini tuh gimana ya kalo sistemnya kayak gini. Tolonglah penumpang yang cancel dibilang jahat, ini supir supir grab seenaknya aja." cuit pengguna Twitter @destaniiia.

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)