logo rilis
Serba-serbi Pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry
Kontributor
Ning Triasih
19 Mei 2018, 16:30 WIB
Serba-serbi Pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry
Meghan Markle dan Pangeran Harry. FOTO: Instagram/@meghanandherprince

RILIS.ID, Jakarta— Momen yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Hari ini, pernikahan Pangeran Harry dengan aktris Hollywood Meghan Markle berlangsung, Sabtu (19/5/2018).

Momen istimewa keluarga Kerajaan Inggris ini tentu mengundang penasaran masyarakat di seluruh dunia. Kira-kira seperti apa ya prosesi acara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan?

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Kensington Palace telah merilis detail rundown prosesi royal wedding ini, yakni dengan runtutan sebagai berikut:

Kedatangan Keluarga Kerajaan

Sang mempelai Pangeran Harry dengan kakaknya, Pangeran William, dijadwalkan datang ke St. George's Chapel pada pukul 06.40, diikuti oleh Camilia Duchess of Cornwall pada 06.42, Doria Ragland, Prince Charles, Ratu Elizabeth II, hingga Meghan Markle sang mempelai wanita.

Pemberian Cincin Pernikahan

Baik Pangeran Harry maupun Meghan Markle akan sama-sama menerima cincin pernikahan. Hal ini berbeda dari pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, di mana hanya Kate yang mengenakan cincin.

Lagu Pernikahan

Mengiringi pernikahan Pangeran Harry-Meghan, Keluarga Kerajaan akan memainkan musik beragam genre, seperti himne Irlandia tradisional dinyanyikan oleh jemaat, sampai ke gospel Stand By Me dari Choir Karen Gibson dan milik kerajaan. Ada pula lagu modern Amen/This Lillte Light of Mine oleh Etta James.

Sementara itu, Lady Jane yang merupakan kakak tertua mendiang Putri Diana akan membacakan bagian dari Song of Solomon.

Janji Suci

Dalam bertukar janji suci, Meghan Markle mengikuti jejak Diana dan Kate menghilangkan kata 'patuh' dari janji yang diucapkan.

Pidato

Bishop Michael Bruce Curry dipercayakan untuk membacakan pidato, tapi untuk detail pidatonya tidak dirilis oleh pihak kerajaan.

Tidak Ada Ciuman di Altar

Berbeda dengan pernikahan biasa, tamu tidak akan melihat ciuman mempelai di dalam gereja. Namun Pangeran Harry dan Meghan markle bisa jadi melakukan ciuman pertama sebagai pasangan suami dan istri saat keluar dari St. George's Chapel.

Penutup

Akhir upacara pernikahan Pangeran Harry-Meghan ditutup dengan lantunan Lagu Kebangsaan Inggris "GOD SAVE THE QUEEN" seperti layaknya royal wedding.

Untuk diketahui, pernikahan tak dihadiri oleh ayah Meghan Markle, Thomas Markle. Karena itu, Pangeran Charles mengambil alih peran ayah Meghan untuk menemani menantunya berjalan di altar.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)