logo rilis
Separuh Pemudik Belum Sampai ke Stasiun Pasar Senen
Kontributor
Yayat R Cipasang
21 Juni 2018, 19:55 WIB
Separuh Pemudik Belum Sampai ke Stasiun Pasar Senen
Suasana di Stasiun Senen. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo mengatakan, hingga Kamis atau H+6 Lebaran, dari jumlah penumpang yang berangkat mudik dari Stasiun Pasar Senen, baru separuh yang sudah kembali ke ibu kota.

Edy merinci, dari data kumulatif keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen sejak 5 Juni hingga 21 Juni 2018 tercatat 414.950 penumpang. Sementara data kumulatif kedatangan di stasiun tersebut yakni 212.603 penumpang.

Adapun rincian penumpang yang tiba di Stasiun Pasar Senen pada Kamis berjumlah 22.738 orang. Sementara penumpang yang berangkat dari stasiun tersebut mencapai 20.307 penumpang.

"(Keberangkatan) masih lebih tinggi dibandingkan jumlah keberangkatan pada hari biasa. Pada hari biasa, jumlah keberangkatan 12 ribuan penumpang. Sekarang jumlah keberangkatan per hari rata-rata 20 ribu penumpang, artinya naik 66 persen," kata Edy di Stasiun Senen, Kamis (21/6/2018).

Menurut Edy, arus penumpang di Stasiun Pasar Senen diprediksi masih akan berlangsung hingga Sabtu, 23 Juni 2018.

Untuk jumlah kereta api yang dioperasikan dari dan ke Stasiun Pasar Senen per harinya selama libur Lebaran yakni 34 kereta api yang terdiri atas 26 kereta api reguler dan delapan kereta api tambahan.

Meski saat ini sudah memasuki H+6 Lebaran atau sudah masuk masa arus balik, namun situasi di Stasiun Pasar Senen masih ramai oleh orang-orang yang hendak mudik ke kampung halaman.

Para pemudik tersebut adalah warga yang belum sempat untuk mudik karena kehabisan tiket kereta sebelum Lebaran.

Sembari menunggu kedatangan kereta api, para calon penumpang di stasiun tersebut memilih untuk menunggu dengan duduk di lantai stasiun dan di kursi ruang tunggu. Sementara sebagian lainnya mengantre di loket tiket karena belum mengantongi tiket.

Tiket kereta dengan jurusan ke Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur untuk hari Kamis hanya sedikit yang masih tersedia. Bahkan untuk beberapa jurusan sudah habis terjual.

Sumber: ANTARA


komentar (0)