logo rilis

Sepakat Dengan SBY, PAN Imbau Aparat Netral di Pilkada 2018
Kontributor
Nailin In Saroh
24 Juni 2018, 21:30 WIB
Sepakat Dengan SBY, PAN Imbau Aparat Netral di Pilkada 2018
Pilkada 2018, ILUSTRASI: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi sepakat dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bahwa, aparat Negara seperti TNI, Polri, dan BIN harus netral dalam pelaksanaa Pilkada 2018. 

"Intinya, tidak boleh menjadi alat politik pasangan calon. Tidak menjadi mesin pemenangan politik pasangan calon tertentu" ujar Viva kepada wartawan, Minggu (24/6/2018).

Ia menyebutkan, politik TNI dan Polri adalah politik kebangsaan yang berpihak kepada kepentingan bangsa dan negara. Sebab menurut UU TNI, UU POLRI, dan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, bahwa TNI dan Polri tidak menggunakan hak politiknya. 

"Makanya TNI dan Polri tidak boleh main politik praktis, dengan menjadi tim sukses pasangan calon," katanya.

Viva menambahkan, TNI dan Polri harus bebas dari kepentingan proses politik elektoral. Sesuai dengan tugas pokok fungsinya TNI dan Polri harus menjaga kedaulatan, keamanan negara, dan mengayomi serta menciptakan ketertiban masyarakat.

"Jangan rusak institusi TNI, Polri masuk pada pusaran politik praktis. TNI dan Polri harus berada di atas semua golongan yang berkontestasi politik," pungkasnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)