logo rilis
Seorang Penambang Pasir di Lombok Temukan Benda Purbakala Ini
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
01 Juni 2018, 13:39 WIB
Seorang Penambang Pasir di Lombok Temukan Benda Purbakala Ini
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Lombok— Seorang penambang pasir menemukan benda yang diduga barang purbakaladi lokasi tambang galian C di Dusun Tonjor, Desa Aik Berikut, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Hal itu dikonfirmasi oleh Kapolres Lombok Tengah, AKBP Kholilur Rochman.

"Benda-benda bersejarah ini ditemukan seorang penambang pasir yang memang selama ini bekerja di tempat itu," kata Rochman di Lombok Tengah, Jumat (1/6/2018).

Dia menyebutkan, benda-benda bersejarah yang ditemukan itu di antaranya adalah gelang emas, tempat minum seperti gelas, piring, tembikar, guci, dan sejumlah alat perabotan lainnya. Termasuk, gabah beras yang sudah berwarna hitam pekat, namun setelah dibuka isinya putih beras.

"Kalau umur dari benda-benda ini nanti oleh tim arkeolog Denpasar yang lebih paham. Kalau kami hanya bertugas mengamankan," ujarnya.

Saat ini, imbuh dia, pihaknya telah melakukan sterilisasi dan penjagaan di seputar temuan benda-benda purbakala tersebut dengan memasang garis polisi. Sehingga, masyarakat tidak mengganggu tim arkeolog Denpansar yang nantinya bekerja di seputar penemuan awal benda-benda bersejarah tersebut.

"Sudah kita pasang garis polisi di sekitar lokasi sehingga tidak menggangu," ungkapnya.

Dari informasi yang beredar di masyarakat, benda-benda bersejarah dan tulang belulang itu diperkirakan benda dan tulang belulang manusia zaman dulu yang diperkirakan tertimbun akibat letusan Gunung Rinjani Purba (Samalas). Karena di tempat ditemukan merupakan lokasi tambang bahan galian C dan dibawah kaki Gunung Rinjani. Saat ini semua benda-benda itu disimpan di rumah warga yang menemukan.
 

Sumber: Antara


500
komentar (0)