logo rilis

Seorang Ahli Ungkap Virus Corona Bocor Dari Laboratorium Wuhan
Kontributor
Tari Oktaviani
27 Januari 2020, 14:22 WIB
Seorang Ahli Ungkap Virus Corona Bocor Dari Laboratorium Wuhan
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Munculnya virus corona yang begitu parah dan cepat penyebarannya membuat banyak orang penasaran darimana sebetulnya virus itu berasal. Meski sudah ada penelitian yang meyakini virus tersebut berasal dari pasar hewan di Wuhan, Cina, namun beragam spekulasi lain mulai muncul.

Salah satu yang diyakini orang yakni virus ini tidak sengaja bocor dari laboratorium di Wuhan. Diketahui Wuhan sendiri memang memiliki lab terbesar khusus untuk meneliti virus termasuk pengembangan virus baru.

Hal ini pertama kali diungkap oleh ahli perang biologis Israel bernama Dany Shoham. Ia curiga bahwa virus itu berasal dari laboratorium di Wuhan, Cina yakni dari Wuhan Institute of Virology.

Laooran televisi lokal di Wuhan pada 2015 sendiri pernah menyampaikan bahwa Wuhan Institute of Virology dikaitkan dengan program senjata biologis rahasia negara.  

“Laboratorium lainnya bisa jadi juga terlibat, baik dalam penelitian maupun pengembangan (senjata biologis) China, namun perannya hanya sebagai pendukung bukan fasilitas utama,” papar Shoham kepada The Washington Times.

Menurut Shoham, senjata biologis dibentuk melalui virus yang dapat mewabah. Shoham sendiri belum memastikan apakah benar virus tersebut telah bocor. Namun kecurigaannya berawal ketika ada sekelompok ahli virologi Cina yang bekerja di Kanada tengah mengirim sampel virus paling mematikan.

“Pada prinsipnya, infiltrasi virus keluar mungkin saja terjadi, baik karena kebocoran atau melalui seseorang dari laboratorium yang telah terinfeksi. Kasus seperti Ini bisa terjadi pula di Wuhan Institute of Virology, namun sejauh ini tidak ada bukti atau indikasi yang mengarah ke sana," ujarnya.

Meski begitu dugaan ini langsung dibantah oleh Pemerintah Cina. Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Cina, Gao Fu menegaskan bahwa virus ini berasal dari pasar hewan liar di Wuhan.

Sedangkan Wuhan Institute of Virology dikatakannya telah memenuhi standar dan legal sehingga tidak mungkin adanya kebocoran.

 

 

 

Sumber: Kumparan




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID