logo rilis

Sembilan Pabrik CPO Diizinkan Buang Limbah ke Sungai
Kontributor

16 April 2018, 20:00 WIB
Sembilan Pabrik CPO Diizinkan Buang Limbah ke Sungai
ILUSTRASI: pixabay.com

RILIS.ID, Mukomuko— Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengizinkan sembilan dari 12 pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit (CPO) membuang limbah ke sungai. Izin diberikan untuk 2-3 tahun.

"Sebanyak sembilan pabrik CPO membuang limbah ke sungai dan empat pabrik membuang limbah ke daratan," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mukomuko, Robin Linton, saat dihubungi di Mukomuko, Bengkulu, Senin (16/4/2018).

Sembilan pabrik yang diizinkan membuang limbah ke sungai, adalah PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA), PT Karya Sawitindo Mas, dan Mukomuko Indah Lestari (MMIL). Lalu, PT Agro Muko Bunga Tanjung Estate, pabrik karet PT Agro Muko, PT Agro Muko POM, PT BMK, PT S3, PT SAP, dan PT KAS.

Limbah yang dibuang ke sungai, klaim Robin, memenuhi standar baku mutu. Alasannya, kualitas air limbah dari kolam terakhir milik sembilan pabrik CPO memenuhi baku mutu berdasarkan analisis dan uji laboratorium.

Petugas Dinas Lingkungan Hidup Mukomuko, lanjut dia, rutin mengawasi aktivitas pabrik CPO yang mendapatkan izin membuang limbah ke sungai dan daratan. Sehingga, takkan mencemari air.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)