logo rilis
Sembilan Anak Jalanan Segera Beraksi di SCWC 2018 Rusia
Kontributor
Ning Triasih
16 April 2018, 21:12 WIB
Sembilan Anak Jalanan Segera Beraksi di SCWC 2018 Rusia
FOTO: Humas Garuda Baru

RILIS.ID, Jakarta— Program Garuda Baru telah merubah nasib anak-anak jalanan. Terbukti, tahun ini sembilan anak Indonesia akan berlaga di ajang Street Child World Cup (SCWC) di Moscow, Rusia pada 10-18 Mei 2018 mendatang.

Kesembilan anak yang pernah mengalami getirnya kehidupan jalanan ini terpilih setelah melalui serangkaian proses seleksi dan pembinaan sejak tahun 2017 lalu. Nantinya, di Rusia mereka akan berkompetisi sekaligus menjalin persahabatan dengan anak-anak dari hampir 30 negara di seluruh dunia.

Ajang SCWC 2018 tak hanya memberi kesempatan bermain sepakbola di kancah internasional, melainkan menjadi salah satu sarana mereka menyampaikan aspirasi untuk pemenuhan hak perlindungan anak yang lebih baik di negaranya.

Seperti tema yang diusung SCWC 2018 "The Future Depends on You", menunjukkan bahwa peran dan partisipasi anak dalam menentukan masa depan diri mereka dan bangsa menjadi penting. Anak tak lagi jadi objek pembangunan, tapi juga subjek yang berdaya dan turut andil berkontribusi dalam prosesnya.

Karena itu, Founder Garuda Baru Mahir Bayasut mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung kesembilan anak bangsa ini di ajang SCWC 2018, serta meminta berbagai pihak agar memberikan lingkungan yang aman bagi tumbuh kembang anak sehingga tidak akan ada lagi yang turun ke jalan.

“Dukungan segenap warga Indonesia tentu akan melancarkan jalan sembilan anak Indonesia ini untuk mengumandangkan lagu kebangsaan kita di ajang internasional,” ucap Mahir Bayasut dalam press release yang diterima rilis.id, Senin (16/4/2018).

Untuk diketahui, program Garuda Baru merupakan sebuah inisiasi untuk membantu anak keluar dari kehidupan jalanan melalui media sepakbola. Program ini digagas oleh tiga lembaga sosial, diantaranya Yayasan Transmuda Energi Nusantara (TEN), Kampus Diakoneia Modern (KDM) dan Yayasan Sahabat Anak (YSA). Mereka menyadari bahwa perlu kerjasama berbagai pihak untuk membantu anak-anak keluar dari kerentanan mereka.

Dalam hal ini Garuda Baru ingin memberikan sebuah model pendekatan baru, yakni lewat sepakbola, guna membawa perubahan sosial dalam masyarakat. 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)