logo rilis
Seleksi Pendamping Desa Harus Serius
Kontributor
Elvi R
27 Maret 2018, 16:15 WIB
Seleksi Pendamping Desa Harus Serius
Daniel Muttaqien. FOTO: RILIS.ID/Ibrahim Combo

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi V DPR RI Daniel Mutaqien Syafiuddin mengatakan, pendamping desa adalah salah satu kunci suksesnya penyaluran dana desa. Menurutnya, seleksi pendamping desa harus serius, sehingga mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang sesuai dengan kebutuhan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

"Seharusnya pendamping desa mendampingi masyarakat desa agar mengelola dana desa dengan baik. Tapi kan dulu pernah ditunggangi kepentingan politik," ujar Daniel saat berkunjung ke kantor rilis.id Jakarta, dalam diskusi "Rilis Corner", Selasa (27/3/2018).

Menurutnya, program dana desa adalah gagasan yang baik dan bisa menjadi pengungkit pemerataan kesejahteraan desa. Kendati demikian, yang menjadi masalah utama desa saat ini adalah cara pengelolaan dana desa dan pendamping desa. 

"Akibat tidak bisa mengelola dengan baik. Jika pendamping desa bisa membimbing kepala desa dengan baik maka akan dihasilkan desa yang maju," katanya.

Oleh karenanya, Daniel menyebut, perlu evaluasi tata cara rekrutmen tenaga pendamping desa. Mulai dari kriteria, proses seleksi hingga penyaluran pendamping desa harus dilakukan dengan serius.

"Kita perlu pembetulan pendamping desa mulai dari seleksi hingga penyalurannya. Perlu evaluasi," pungkasnya.


500
komentar (0)