logo rilis
Selamat Harlah PMII, Inilah Sejarah Lahirnya Organisasi Kemahasiswaan Ini
Kontributor
Ning Triasih
17 April 2018, 12:15 WIB
Selamat Harlah PMII, Inilah Sejarah Lahirnya Organisasi Kemahasiswaan Ini
Logo Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). FOTO: Laman NU

RILIS.ID, Jakarta— Hari ini, tepatnya 17 April merupakan peringatan Hari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Apa yang Anda ketahui tentang organisasi ini?

PMII adalah sebuah organisasi kemahasiswaan yang lahir karena menjadi suatu kebutuhan dalam menjawab tantangan zaman, berdiri pada 17 April 1960 di Surabaya, Jawa Timur.

Melansir dari laman resmi PMII, sejarah terbentuknya organisasi kemahasiswaan ini  berawal dari  hasrat membara mahasiswa Nahdliyin untuk membentuk sebuah wadah (organisasi) mahasiswa yang berideologi Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja).

Sebelum PMII berdiri, sebenarnya organisasi mahasiswa Nahdliyin lebih dulu ada, namun bersifat lokal, diantaranya Ikatan Mahasiswa Nahdlatul Ulama (IMANU) di Jakarta, Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) di Surakarta, serta Persatuan Mahasiswa Nahdlatul Ulama (PMNU) di Bandung. 

Selain ketiga organisasi tersebut, ada pula mahasiswa Nahdliyin yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) yang terwadahi oleh departemen perguruan tinggi.

Lantaran banyaknya organisasi kemahasiswaan berafiliasi pada NU inilah, muncul keinginan mendalam agar terbentuk organisasi secara nasional. 

Hingga akhirnya, pada Konferensi Besar IPNU yang berlangsung 14-17 Maret 1960 di Kaliurang, Yogyakarta, disepakati berdirinya organisasi kemahasiswaan Nahdliyin. Setelah itu, dibentuk panitia sponsor berjumlah 13 orang mahasiswa NU dari berbagai daerah. 

Ke-13 panitia kemudian mengadakan pertemuan Musyawarah Mahasiswa NU pada tanggal 14-16 April 1960 di Gedung Madrasah Muallimin Nahdlatul Ulama (Gedung Yayasan Khadijah) Wonokromo, Surabaya. Musyawarah itulah yang akhirnya menghasilkan pendirian PMII, diumumkan di Balai Pemuda pada 21 Syawal 1379 Hijriyah atau bertepatan 17 April 1960.

Sejak saat itu, 17 April ditetapkan sebagai hari jadi PMII yang diperingati dengan istilah Hari lahir (Harlah).

Selamat Hari PMII!


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)