logo rilis

Selamat Hari Pohon Sedunia! Inilah Fakta-fakta Menakjubkan tentang Pohon
Kontributor
Ning Triasih
21 November 2018, 11:04 WIB
Selamat Hari Pohon Sedunia! Inilah Fakta-fakta Menakjubkan tentang Pohon
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Pohon ternyata punya hari khususnya tersendiri. Tepatnya setiap 21 November, diperingatilah Hari Pohon Sedunia atau World Tree Day.

Tanggal 21 November sendiri dipilih sebagai peringatan Hari Pohon yakni guna menghormati jasa-jasa J Sterling Morton, seorang pecinta alam asal Amerika, yang begitu gigih mengampanyekan gerakan menanam pohon.

Diperingatinya Hari Pohon Sedunia bertujuan untuk memberi pengetahuan dan penyadaran pada masyarakat akan pentingnya dan berharganya pohon bagi kehidupan makhluk di bumi, memerangi pemanasan global, mencegah bencana alam dan masih banyak lagi.

Coba bayangkan, apa jadinya jika bumi tak ditumbuhi oleh pepohonan. Bisakah makhluk hidup khususnya manusia dan binatang bertahan hidup?

Nah, di momen peringatan Hari Pohon Sedunia ini, berikut rilis.id sajikan sejumlah fakta menakjubkan tentang pohon, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Hutan, di mana isinya adalah pepohonan, menutupi sekitar 30 persen permukaan bumi.

2. Sebuah pohon berukuran sedang mampu menghasilkan cukup oksigen untuk sebuah anggota keluarga (berisi empat orang) bernapas dengan nyaman.

3. Tiga pohon yang ditanam tepat di sekitar bangunan dapat menghemat biaya penggunaan pendingin ruangan (AC) hingga 50 persen.

4. Pohon meningkatkan nilai properti. Rumah yang dikelilingi pepohonan bisa terjual 18-25 persen lebih tinggi dari rumah tanpa pohon.

5. Menanaman 20 juta pohon, akan menyediakan 260 juta ton lebih oksigen bagi bumi dan penduduknya. Pohon sebanyak itu bisa menghapus 10 juta ton CO2 (karbon diaoksida).

6. Pohon menyediakan tempat berlindung dan makanan bagi satwa liar seperti burung, tupai, dan serangga. Pohon-pohon berukuran pendek menyediakan makanan dan pelindung untuk mamalia yang lebih besar, seperti musang dan rusa.

7. Pohon membuat orang merasa lebih baik. Pekerja lebih produktif ketika mereka melihat pohon-pohon di sepanjang rute perjalanan atau dari jendela kantor mereka.

8. Pasien rumah sakit dengan pemandangan pepohonan akan lebih cepat sembuh, penggunakan obat nyeri lebih sedikit dan lebih cepat pulang dibanding pasien dengan pemandangan dinding bata. Pasien dengan pemandangan pohon menghabiskan hari 8 persen lebih sedikit di rumah sakit.

9. Area yang dikelilingi pepohonan bisa membuat orang lebih santai dan mengurangi stres.

10. Pohon menjadi ladang pekerjaan dan berkontribusi pada bahan baku untuk bangunan, surat kabar, buku dan lebih dari 15 ribu produk hutan lainnya. Pohon dapat diperbaharui, terurai secara biologi dan didaur ulang. Kayu bahkan bisa diolah menjadi produk seperti vitamin, plastik, pasta gigi dan obat-obatan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)