logo rilis
Selamat Hari Buku Sedunia, Sudah Baca Hari Ini?
Kontributor
Ning Triasih
23 April 2018, 12:19 WIB
Selamat Hari Buku Sedunia, Sudah Baca Hari Ini?
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Sudah baca buku belum hari ini? Pasalnya, tepat 23 April, diperingati Hari Buku Sedunia atau disebut juga dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia, serta Hari Buku Internasional. 

Hari Buku Sedunia merupakan perayaan tahunan yang diperingati seluruh dunia setiap 23 April. Perayaan ini  diadakan oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan, serta hak cipta.

Hari Buku Sedunia pertama kali dirayakan pada 23 April 1995. Lalu mengapa 23 April dipilih sebagai peringatan hari buku?

Seperti dilansir dari berbagai sumber, 23 April merupakan pertama kalinya buku diciptakan oleh toko buku di Catalonia, Spanyol pada 1923.

Ide dicetusnya peringatan Hari Buku Sedunia yakni oleh penulis Valencia, Vicente Clavel Andres, sebagai cara untuk menghargai penulis Miguel de Cervantes yang meninggal pada tanggal tersebut. 

Pada 1995, UNESCO memutuskan Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia dirayakan pada tanggal 23 April, sebab tanggal tersebut juga merupakan hari kematian William Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega, serta hari lahir atau kematian beberapa penulis terkenal dunia lainnya.

Peringatan Hari Buku di Indonesia

Indonesia juga turut merayakan Hari Buku Sedunia. Pertama kali memperingatinya yakni pada 2006 dengan prakarsa Forum Indonesia Membaca, didukung berbagai pihak seperti pemerintah, pengusaha, akademisi, komunitas, hingga masyarakat umum.

Tak sekedar memperingati saja, Hari Buku Sedunia yang dirayakan di Idonesia juga ditujukan untuk mendorong masyarakat Tanah Air agar gemar dan giat membaca. Pasalnya, minat membaca di Indonesia masih tergolong rendah.

Selamat Hari Buku Sedunia!


500
komentar (0)