logo rilis

Selain Tokoh Senior, Ini Kelebihan Mahfud MD bagi Jokowi
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
09 Agustus 2018, 14:00 WIB
Selain Tokoh Senior, Ini Kelebihan Mahfud MD bagi Jokowi
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD semakin menguat untuk menjadi kandidat cawapres Joko Widodo. Mahfud disebut-sebut akan dipilih Jokowi lantaran memiliki pengalaman lengkap di berbagai jabatan publik.

Menurut peneliti dari Forum Studi Media dan Komunikasi Politik Indonesia (Formasi), Muhammad Taufik Rahman, kelebihan Mahfud bukan hanya karena tokoh senior yang pernah menjabat di eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Lebih dari itu, kata Taufik, Mahfud memiliki tingkat keterimaan yang sangat tinggi di partai-partai politik koalisi pendukung Jokowi.

"Pemilihan Mahfud MD bisa meredam konflik kepentingan yang selama ini agak bergejolak dalam koalisi pendukung Jokowi," kata Taufik kepada rilis.id, Kamis (9/8/2018).

Mahfud, lanjut Taufik, bisa diterima oleh Partai Golkar lantaran memiliki hubungan yang baik dengan sejumlah tokoh partai melalui jejaring Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Terutama, dengan tokoh-tokoh senior Golkar seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Akbar Tanjung.

"Dia juga bisa diterima PPP dan PKB karena basis ke-NU-annya, bisa diterima PDIP karena dianggap mampu meredam isu SARA. Selain itu, Mahfud MD juga bisa diterima di kalangan Muhammadiyah," ujarnya.

Sebelumnya, sinyal dipilihnya Mahfud MD sebagai cawapres Jokowi semakin menguat setelah Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy memberi gambaran dengan menyebut inisial 'M'.

Tak hanya itu, Romi, sapaan akrabnya, juga memberikan gambaran lebih jelas melalui akun Twitternya, @MRomahurmuziy. Dirinya menyebut, cawapres Jokowi dari latar belakang Islam dan sudah berpengalaman di berbagai jabatan publik. 

"Dia juga mewakili warna religiusitas ormas Islam terbesar di Indonesia serta sudah malang-melintang dalam aneka jabatan publik sejak reformasi," tulis Romi lewat akun Twitternya.

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID