Home » Peristiwa » Nasional

Selain Khofifah dan Airlangga, Pengamat Prediksi Menteri Ini Direshuffle

print this page Kamis, 11/1/2018 | 12:46

Sidang Kabinet Kerja. FOTO: BIRO PERS ISTANA.

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat politik Maksimus Ramses menilai, Presiden Joko Widodo tak hanya melakukan pergantian Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Menperin Airlangga Hartarto. 

Menurutnya, Jokowi juga melakukan evaluasi terhadap menteri lain, terutama yang berasal dari partai politik.

Ramses menyebut, masih ada sejumlah partai koalisi pemerintah yang kerap melakukan manuver politik. Padahal, partai itu memiliki kader yang duduk di Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla.

"Tahulah mana saja parpol yang melakukan manuver di DPR, padahal mereka bagian dari pemerintahan Jokowi. Contohnya penolakan UU Ormas yang dilakukan PAN (Partai Amanat Nasional)," kata Ramses kepada rilis.id, Kamis (11/1/2018).

Untuk diketahui, kader PAN yang duduk di Kabinet Kerja Jokowi-JK adalah Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur. Asman merupakah satu-satunya kader PAN yang jadi menteri di era Jokowi.

Selain soal UU Ormas, PAN juga berbeda saat pembahasan Pemilu di mana pemerintah bersama partai-partai koalisi lainnya mendukung presidential threshold 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional. Namun, saat sidang paripurna DPR, PAN justru melakukan aksi walk out karena mendukung angka ambang batas yang berbeda, yakni nol persen.

"Saya tidak etis menyebutnya, tapi menteri-menteri dari parpol yang kerap melakukan manuver politik perlu diganti agar tidak menjadi kegaduhan," jelasnya.

Penulis Zulhamdi Yahmin
Editor Sukarjito

Tags:

Reshuffle KabinetDPR RIKabinet Jokowi