logo rilis
Selain Gerindra, PKS Bangun Komunikasi dengan Parpol Lain
Kontributor
Nailin In Saroh
29 Maret 2018, 12:12 WIB
Selain Gerindra, PKS Bangun Komunikasi dengan Parpol Lain
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera mengaku, selain dengan Partai Gerindra, partainya juga aktif menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai politik untuk membangun koalisi di Pilpres 2019.

Saat ini komunikasi yang dilakukan PKS untuk berjalan bersama Gerindra sudah hampir 90 persen.

"Komunikasi politik terus berjalan. Komunikasi 90 persen bersama Gerindra," ujar Mardani di Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Kemesraan keduanya, lanjut Mardani, tergantung dengan musyawarah yang dihasilkan dalam penjajakan koalisi.

"Apakah PKS akan tetap setia bersama Gerindra? Ada syaratnya, karena musyawarah bersama karena tidak bisa Gerindra menentukan sendiri. Kan Gerindra tidak 20 persen," katanya.

Mardani menuturkan, tidak menutup kemungkinan bagi partai lain untuk ikut bergabung dalam membangun koalisi. 

"Kami terbuka, Gerindra dan PKS sepakat tidak menutup kemungkinan partai lain bergabung selama memang akan memusyawarahkan bersama siapa calonnya. PKB masuk, kami gembira. PAN masuk kita gembira. Demokrat masuk juga kami gembira. Tetapi tentu posisi PKS yang pertama punya sedikit keuntungan tapi keputusan akan bareng bareng," ungkap Mardani.

Sementara soal cawapres, Mardani mengungkapkam partainya sudah menyiapkan sembilan nama pendamping calon presiden, yang kemudian akan dibahas bersama Gerindra.

"Posisi sampai sekarang PKS sudah punya 9 Capres Cawapres, yakni Pak Aher, Pak Hidayat, Pak Anis Matta itu dari PKS keputusan resmi dari majelis syuro. Dan kita menunggu Gerindra mau ngajuin satu dua atau berapa pun all the candidate on the table kita bahas bareng-bareng," paparnya.

Artinya, sambung dia, sampai saat ini baik dari Gerindra maupun PKS masih terus menggodok satu sama lain dalam menentukan Capres maupun Cawapresnya nanti.

"Jadi logika berfikirnya payungnya PKS bersama Gerindra. PKS sudah ngajuin kartunya 9, Gerindra mau ngusul Pak Prabowo monggo, mau deklarasi yang lain Capres monggo. Tapi usulan Gerindra akan dibawa ke musyawarah bersama karena semuanya punya kedudukan yang setara," pungkas anggota komisi II DPR RI itu.

Editor: Kurniati


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)