Home » Ragam

Selain Arini Subianto, Inilah Wanita Terkaya di Indonesia

print this page Kamis, 7/12/2017 | 10:14

Arini Subianto, wanita terkaya di Indonesia. FOTO: Instagram/@ingo.io

RILIS.ID, Jakarta— Sosok Arini Subianto tengah ramai diperbincangkan lantaran menjadi wanita muda pendatang baru yang masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Siapa lagi wanita terkaya selain dia?

Di belakang Arini, sebenarnya ada satu wanita yang lebih dulu masuk ke jajaran 50 orang terkaya di Indonesia. Dialah Kartini Muljadi. Bahkan, namanya sudah lama bertengger di daftar yang didominasi oleh kaum pria tersebut.

Namun, kekayaan Kartini tak sebanyak Arini yang mencapai Rp11 triliun. Sedangkan Kartini punya kekayaan senilai US$ 680 juta atau setara Rp9,1 triliun. 

Kartini merupakan sarjana hukum yang sempat berprofesi sebagai hakim. Saat berstatus sebagai hakim, wanita kelahiran 17 Mei 1930 ini banyak menangani kasus perdata, misalnya yang berhubungan dengan jual-beli lahan. 

Setelah kematian sang suami, Kartini lalu menjadi notaris hinga akhirnya memutuskan menjalankan usaha sendiri. Ia memulai karier di bisnis dengan mendirikan kantor pengacara dan konsultan hukum bernama Kartini Muljadi & Rekan. Usahanya itu ia operasikan bersama anak-anaknya.

 

 

A post shared by Maggie Calista Alim 陈美琦 (@mca.diary) on

 

Sumber kekayaan milik Kartini Muljadi tidak hanya bersumber dari kantor hukumnya. Ketiga anaknya juga dikenal sebagai pengusaha sukses. Mereka pula yang berperan penting di kantor milik ibunya, yakni membantu proses pendirianya. 

Awalnya, Kartini adalah satu-satunya pebisnis wanita Indonesia yang masuk daftar Forbes sebagai wanita terkaya di Indonesia. Namun, kini Kartini ada temannya, yaitu Arini Subianto.

 

 

A post shared by I AM INDONESIAN (@iam.indonesian) on

 

Penulis Ning Triasih

Tags:

Arini SubiantoKartini MuljadiWanita terkaya di Indonesia