logo rilis
Sekjen PSI Prediksi Hanya Gerindra yang Serius Menangkan Prabowo-Sandi 
PENULIS : Zulyahmin , Budi Prasetyo
01 November 2018, 14:25 WIB
Sekjen PSI Prediksi Hanya Gerindra yang Serius Menangkan Prabowo-Sandi 
Sekjen PSI Raja Juli Antoni. FOTO: RILIS.ID.

RILIS.ID, Jakarta— Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni, memprediksi mesin politik dari partai pendukung capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan mati total. 

Menurut Toni, sapaan akrabnya, hanya Partai Gerindra yang akan bekerja dengan serius memenangkan pasangan calon nomor urut 02 tersebut. 

"Tidak ada partai kecuali Gerindra yang serius memenangkan Prabowo-Sandi," katanya kepada rilis.id, Kamis (1/11/2018).

Toni menjelaskan, parpol pendukung Prabowo-Sandi selain Gerindra telah terlihat tak serius memberi dukungan. Salah satunya Partai Demokrat yang mempersilakan para kadernya untuk mendukung paslon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. 

"Demokrat sudah mengizinkan kadernya untuk main dua kaki," ujarnya. 

Kemudian, lanjut Toni, Partai Amanat Nasional (PAN) juga tidak akan total dalam memenangkan Prabowo-Sandi. Apalagi, sejumlah calon anggota legislatif dari parpol berlambang matahari terbit itu juga enggan mengkampanyekan Prabowo-Sandi. 

"Sekjen PAN juga mengakui caleg mereka tidak mau mengkampanyekan Prabowo-Sandi," lanjut dia. 

Selain itu, menurut Toni, juga ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tak akan serius memenangkan Prabowo-Sandi. Pasalnya, PKS merasa kecewa dengan Gerindra yang ngotot menyalonkan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta yang juga kadernya, M Taufik sebagai Wagub DKI pengganti Sandi.

"Pak Prabowo juga tidak punya kepercayaan diri lagi nampaknya untuk kampanye ke daerah-daerah," pungkasnya.

Pengamat politik dari Univeritas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam menilai Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebaiknya melakukan gerilya politik di grassroot untuk mengimbangi Joko Widodo-Maruf Amin yang unggul pemberitaan.

Dengan rajin turun ke masyarakat, maka gerilya politik itu akan lebih efektif untuk mendulang suara.

"Karena kalah di kampanye udara, saya kira pilihan kampanye silaturahmi dan strategi gerilya darat akan lebih efektif bagi penantang," kata Surokim.

Menurut Surokim, tim Prabowo-Sandi saat ini ingin mencoba jalan lain yang lebih efektif dalam kampanye dengan mendasarkan pada pengalaman dua kali maju Pilpres.

“Dengan fokus pada strategi darat, maka the power of silaturahim yang mengandalkan pertemuan langsung dan turba ke kelompok swing voters tentu akan berdampak positif,” tambahnya.

Editor:




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID