Home » Peristiwa » Dunia

Sekjen PBB Desak Suu Kyi Kembalikan Warga Rohingya ke Myanmar

print this page Selasa, 14/11/2017 | 12:23

Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi. FOTO: AFP

RILIS.ID, Manila— Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mendesak kepada Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi untuk mengembalikan para pengungsi Rohingya ke tempat asalnya. 

Hal itu dikatakan saat Guterres saat bertemu dengan Suu Kyi di sela-sela KTT ASEAN, Manila, Filipina.

"Sekretaris Jenderal (sekjen) menyoroti bahwa upaya untuk memastikan akses kemanusiaan, pemulangan, bermartabat, sukarela dan berkelanjutan, serta rekonsiliasi yang benar antara masyarakat, akan sangat penting," demikian pernyataan PBB dilansir AFP, (14/11/2017).

Sebelumnya, lebih dari 600 ribu warga Rohingya melarikan diri ke Bangladesh pada Agustus lalu, dan sekarang mereka tinggal mengungsi di kamp Bangladesh untuk menghindari kekerasan yang dilakukan militer Myanmar. 

PBB mengatakan militer Myanmar terlibat dalam penghapusan warga Rohingya. Bahkan wanita Rohingya mengalami kekerasan seksual.

"Kekerasan seksual diperintahkan, diatur dan dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Myanmar," ujar Pejabat Senior PBB Pramila Patten dilansir reuters, Selasa (14/11/2017).

Patten menambahkan, apa yang dilakukan militer Myanmar merupakan penghapusan etnis Rohingya secara berencana.

"Perkosaan adalah tindakan dan senjata genosida."

Patten mengatakan, sejak masuknya pengungsi Rohingya pertama ke Bangladesh pada Agustus lalu, para spesialis kekerasan berbasis gender telah mengirimkan layanan kepada 1.644 korban kekerasan seksual.

Penulis Sukma Alam

Tags:

PBBRohingyaAung San Suu Kyi

loading...