logo rilis

Sekali Makan, Ini Porsi dan Menu yang Dianjurkan Kemenkes
Kontributor
Ning Triasih
11 April 2018, 19:50 WIB
Sekali Makan, Ini Porsi dan Menu yang Dianjurkan Kemenkes
FOTO: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Memperhatikan jenis makanan yang masuk ke perut itu harus. Tapi, mengatur jumlah porsinya untuk konsusmsi harian juga tak kalah penting.

Pasalnya, jumlah dan jenis makanan dapat memengaruhi asupan nutrisi dalam tubuh, sehingga berpengaruh pula pada kesehatan Anda. Lalu, apakah porsi makan Anda sudah tepat dan mencukupi kebutuhan gizi tubuh?

Seperti yang diungkapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui akun Twitter resminya, jumlah porsi sekali makan, misalnya makan siang harus mencukupi kurang lebih 700 kalori. Lalu apa saja menu wajib untuk santapan harian?

Berikut tips porsi makan sehat dan bergizi menurut Kemenkes:

Makanan Pokok: Nasi dan Penggantinya

1. 150 gram nasi terdiri dari tiga centong nasi
2. Kentang sebanyak tiga buah sedang (300 gram)
3. Setengah gelas mi kering (75 gram).

Lauk Pauk

1. Lauk hewani, Anda bisa memilih antara 75 gram ikan kembung, dua potong ayam tanpa kulit ukuran sedang (80 gram), satu butir telur ayam ukuran besar (55 gram), atau dua potong daging sapi ukuran sedang (70 gram).

2. Lauk nabati, bisa dengan 100 gram tahu, atau dua potong tempe ukuran sedang (50 gram).

Sayuran

Semangkuk sedang sayuran (150 gram)

Buah

Anda bisa memilih 150 gram pepaya (dua potong sedang), dua buah jeruk sedang (110 gram), atau satu buah pisang ambon ukuran kecil (50 gram).


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)