logo rilis
Sejarah Hari Anak Hilang Nasional di Amerika Serikat
Kontributor
Ning Triasih
25 Mei 2018, 17:04 WIB
Sejarah Hari Anak Hilang Nasional di Amerika Serikat
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Selain ada peringatan Hari Anak, tahukah Anda bahwa ada pula yang namanya Hari Anak Hilang Nasional? Hari Anak Hilang ini diperingati setiap 25 Mei di Amerika Serikat (AS).

Mungkin belum terlalu banyak yang tahu soal Hari Anak Hilang Nasional. Lalu bagaimana sejarahnya?

Melansir dari berbagai sumber, Hari Anak Hilang Nasional digagas oleh Presiden AS Ronald Reagan pada 25 Mei 1983.

Penetapan Hari Anak Hilang Nasional AS ini dilatar belakangi lantaran beberapa tahun sebelumnya, terjadi serangkaian peristiwa anak hilang. Kejadian ini kemudian menjadi bahan pemberitaan utama di Negeri Paman Sam tersebut.

alasan 25 Mei dipilih sebagai penetapan Hari Anak Hilang sendiri lantaran di tanggal tersebut, tepatnya pada 1979, seorang bocah enam tahun bernama Etan Patz yang berusia menghilang dalam perjalanan pulang ke rumahnya di New York City.

Kala itu, tak ada perhatian khusus dari media nasional untuk kasus anak-anak hilang. Namun, hilangnya Etan rupanya dengan cepat mendapat sorotan media.

Rupanya, hal itu dilatarbelakangi oleh ayah korban yang merupakan fotografer profesional, menyebarkan foto hitam-putih Etan sebagai upaya pencarian putranya. Hasil pencarian dan besarnya perhatian media terkait masalah ini membuat publik terfokus ada masalah penculikan anak dan kurangnya perhatian pemerintah untuk mengatasinya.

Sejak kasus itu, tiga tahun berikutnya, perhatian media akhirnya terfokus ke Atlanta, Georgia, tempat ditemukannya mayat puluhan anak kecil di sebuah danau di pinggir jalan. 

Tercatat, ada 29 anak ditemukan, sedangkan tersangkanya tertangkap dan diidentifikasi pada 1981. Dua tahun berselang, Presiden AS Ronald Reagan akhirnya menetapkan jika 25 Mei sebagai peringatan untuk anak-anak yang hilang atau Hari Anak Hilang Nasional.


500
komentar (0)