logo rilis
Segini Besaran Gaji Bupati/Wali Kota, Minat?
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
08 Mei 2018, 13:50 WIB
Segini Besaran Gaji Bupati/Wali Kota, Minat?
Mendagri Tjahjo Kumolo. FOTO: Dok Kemendagri.

RILIS.ID, Semarang— Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengkui bahwa gaji kepala daerah memang masih kecil. Dan, ia minta maaf karena pemerintah pusat belum bisa menaikkan gaji kepala daerah. Tapi, itu bukan alasan untuk korupsi.

"Bupati dan walikota gajinya 6 juta. Tapi, kalau lihat ke atas ya enggak cukup- cukup," kata Tjahjo di Semarang, Selasa (8/5/2018).

Setelah kepala daerah terpilih dan dilantik, mereka harus bisa memahami area rawan korupsi. Misalnya, dalam hal perencanaan anggaran. Ia minta jangan sampai ada kongkalikong dengan DPRD.

"Perencanaan anggaran ini hati-hati. Gunakan e-planning, e-budgeting," ujarnya.

"Hati-hati pula soal dana hibah. Retribusi dan pajak. Jual beli barang dan jasa. Tapi memang yang paling banyak kena itu perencanaan anggaran. Makanya, kalau ada pengusaha bayar besar, tak mungkin dia tak ngomong. Pasti ngomong," ujarnya.

Tjahjo juga mengingatkan bahwa yang dijanjikan dalam kampanye politik saat Pilkada adalah utang yang harus dibayar. Utang politik itu yang kemudian dikonversikan pada program-program prioritas kepala daerah.

Terkait ini, kata dia, pemerintah pusat sendiri kepentingannya hanya satu, memastikan program strategis nasional dilaksanakan di daerah. 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)