logo rilis

Segera Terbit, Permendagri Percepatan Pembuatan Dokumen Kependudukan
Kontributor

05 April 2018, 23:14 WIB
Segera Terbit, Permendagri Percepatan Pembuatan Dokumen Kependudukan
e-KTP merupakan salah satu dokumen kependudukan. ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Sumedang— Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, bakal mengeluarkan regulasi terkait pembuatan dokumen kependudukan rampung satu jam. Maksudnya, memberikan pelayanan publik yang cepat dan reformasi birokrasi.

"Mungkin pada pekan-pekan ini, saya akan keluarkan Permendagri terkait pelayanan masyarakat berupa pembuatan akta kelahiran, akta kematian, KK, dan KTP elektronik selama satu jam harus selesai, kecuali listrik mati atau komputernya error," ujarnya di Sumedang, Jawa Barat, Kamis (5/4/2018).

"Dengan demikian, masyarakat akan mendapatkan pelayanan terbaik dari pemerintah," imbuhnya yakin usai penganugerahan Astha Brata Utama Pamong di Kampus IPDN, Jatinangor.

Di sisi lain, Tjahjo mengimbau masyarakat optimis dalam membangun bangsa dan tak termakan berbagai kabar negatif. Isu Indonesia bubar pada 2030, misalnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga menyinggung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Katanya, tak seharusnya ada ketegangan saat pilkada melalui penyebaran fitnah, ujaran kebencian, hingga politisasi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Pemerintah daerah, tambahnya, juga diminta menggenjot partisipasi pemilih. Sebab, itu menjadi indikator suksesnya pemilihan umum dan pengelenggaraan demokrasi di Tanah Air.

Tjahjo pun mengaku sedih, lantaran banyak calon kepala daerah yang terjerat kasus rasuah. Kendati begitu, dipastikan pemerintah takkan mengintervensi proses hukum yang berlangsung.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)