logo rilis

Sedang Berdiet, Makanan Penuh Lemak Ini Aman Dikonsumsi
Kontributor
Ning Triasih
17 Juli 2018, 16:02 WIB
Sedang Berdiet, Makanan Penuh Lemak Ini Aman Dikonsumsi
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Saat tengah berdiet atau dalam program menurunkan berat badan, makanan berlemak seolah menjadi musuh terbesar. Sebisa mungkin, mereka menjauhi dan menghindari makanan yang mengandung lemak.

Memang tak salah. Sejauh makanan tersebut adalah jenis makanan olahan, siap saji atau junk food. Tapi, ada beberapa jenis makanan mengandung lemak alami atau sempurna yang justru baik bagi program diet Anda.

Seperti dilansir dari Allwomenstalk, berikut beberapa makanan berlemak penuh yang harus disantap saat dalam program diet:

1. Telur

Telur sering dianggap sebagai makanan berkolesterol tinggi penyebab serangan jantung. Namun, telur juga banyak manfaatnya lho. Mengonsumsi satu atau dua butir telur per hari untuk sarapan adalah pilihan terbik jika Anda tengah dalam program menurunkan berat badan. Kombinasi lemak baik dan protein dalam telur akan mengisi perut Anda hingga waktu makan siang.

2. Kacang

Kacang adalah makanan ringan yang dapat memberikan banyak lemak, protein dan serat yang sehat, belum lagi banyak mineral dan vitamin. Kacang juga dapat mencegah rasa lapar lebih lama dibanding makanan ringan bertepung lainnya. Jadi tak perlu ragu menyantap kacang saat diet. Tapi ingat, jangan berlebihan!

3. Lemak susu

Penelitian menunjukkan, orang yang sering mengonsumsi lemak susu memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang minum susu skim. Jadi tak ada salahnya untuk menambahkannya ke menu diet Anda untuk sedikit variasi.

4. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu makanan penuh lemak terbaik untuk dimasukkan dalam menu diet sehat Anda. Alpukat kaya akan lemak sehat yang akan memuaskan selera perut dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Mentega

Tak masalah mengonsumsi mentega dalam menu diet Anda. Mentega sebenarnya berasal dari jumlah kalori yang sama dengan satu sendok makan minyak zaitun. Jadi, secara historis memiliki reputasi yang jauh lebih baik sebagai makanan sehat.

6. Coklat hitam

Diet, bukan berarti Anda tak boleh makan coklat. Tapi, pilihlah coklat hitam dengan kandungan 70 persen cocoa atau lebih. Ini bisa menjadi dumber utama lemak sehat untuk tubuh Anda.

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)