logo rilis
Sebut Kriteria Pemimpin, Fuad Bawazier Singgung Rezim Jokowi
Kontributor
Nailin In Saroh
28 Maret 2018, 21:17 WIB
Sebut Kriteria Pemimpin, Fuad Bawazier Singgung Rezim Jokowi
Mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier di Diskusi Pas Fm. FOTO: RILIS.ID/Nailin In Saroh

RILIS.ID, Jakarta— Mantan Menteri Keuangan era Orde Baru, Fuad Bawazier, memaparkan sejumlah kriteria pemimpin. Jujur, satu di antaranya.

"Jujur dengan keadaan yang ada. Sekarang ada kritik tapi membantah. Padahal, masyarakat sudah bisa menyimpulkan sendiri dengan realita," ujarnya dalam diskusi "Capres-Cawapres di Mata Ekonom", Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Fuad lantas mencontohkan dengan kondisi hari ini. Menurutnya, pemimpin sekarang terkesan menutup-nutupi keadaan negara sebenarnya.

"Bilang daya beli tidak turun, hanya rakyat menunda konsumsi. Lah, kalau gitu, tidak ada orang miskin. Yang ada orang nunda jadi kaya. Ada pengangguran, dibilang cuma orang nunda kerja," paparnya.

Dia juga sempat menyinggung masalah utang. Menurutnya, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla diwariskan utang sekira Rp2,7 triliun. Tiga tahun berselang, melampaui Rp3,8 triliun.

Namun, katanya, pemerintah tetap santai menambah utang dengan alasan pembangunan infrastruktur. "Sekarang utang sudah berbahaya, zig-zag sesuai 'selera' Presiden," ketusnya.

Kriteria kedua, tambah Fuad, tak berpikir politis. Baginya, pemimpin harus mendahului kepentingan rakyat. "Jangan mikir kalau utang yang akan bayar pemerintah selanjutnya. Tanggung jawab dong. Jangan entar dia 'nepok dada', zaman saya enggak begini. Padahal, dia yang bikin begitu," bebernya.

"Ingat kata Soekarno, 'Hati-hati dengan pemimpin yang dipuja-puja asing'. Itu tidak menguntungkan rakyat," tandas Fuad.

Editor: Fatah H Sidik


500
komentar (0)