logo rilis
Sebut Haram Berkoalisi dengan PKS, PSI: Ibarat 'Air dan Minyak'
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
09 April 2019, 12:30 WIB
Sebut Haram Berkoalisi dengan PKS, PSI: Ibarat 'Air dan Minyak'
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memastikan diri tidak akan berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di pemilihan kepala daerah untuk gubernur, bupati atau wali kota di seluruh Indonesia. Menurut Sekjen DPP PSI, Raja Juli Antoni, berkoalisi dengan PKS adalah sesuatu yang haram.

Toni, sapaan akrabnya, kemudian menganalogikan PSI dengan PKS seperti air dan minyak yang tak pernah bisa menyatu.

"PSI dan PKS ibarat air dan minyak yang tidak bisa disatukan. PSI percaya dengan demokrasi tidak boleh bekerja sama dengan PKS yang hanya menjadikan demokrasi sebagai alat untuk mendirikan pemerintahan Islam versi mereka," kata Toni dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/4/2019).

Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin itu mengatakan, raihan suara PKS memang hanya 6 persen. Namun, menurutnya, partai itu memiliki pengaruh yang besar, salah satunya terlihat dalam kampanye akbar capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4/2019) kemarin. 

"Kampanye calon Presiden Republik Indonesia saja disulap menjadi event agama yang ekslusif, seperti yang dikeluhkan mantan Presiden SBY. Bayangkan kalau PKS yang berkuasa, tidak tahu apa jadinya Indonesia," ujar Toni. 

Toni menilai, partai-partai yang mengaku nasionalis yang mau berkoalisi dengan PKS adalah partai yang pragmatis dan tidak ideologis. Partai itu, lanjut dia, hanya berorientasi pada kekuasaan saja. 

Toni kemudian mengimbau dan mengajak kepada seluruh partai nasionalis untuk tidak berkoalisi dengan PKS. 

"Tapi saya ragu apakah partai-partai nasionalis senior mau menarik garis tegas seperti yang dilakukan PSI," tandasnya. 

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID