logo rilis
Museum di Prancis Terciduk Pamerkan 82 Lukisan Palsu
Kontributor
Syahrain F.
30 April 2018, 15:01 WIB
Museum di Prancis Terciduk Pamerkan 82 Lukisan Palsu
Salah satu lukisan di Museum Ettienne Terrus. Credit: Getty Images/Raymond Roig

RILIS.ID, Elne— Kebebasan berekspresi dalam seni seringkali digaungkan dari negara yang dijuluki la Republique. Meskipun hasil karya dari Prancis banyak berakhir kontroversi, namun, hingga saat ini negara itu masih kuat dilekatkan dengan dunia seni.

Belum lama ini, sebuah museum yang terletak di wilayah selatan Prancis 'merusak' predikat tersebut dengan kabar yang menggemparkan. Museum Etienne Terrus di kota kecil bernama Elne menemukan bahwa separuh dari hasil karya yang dipamerkan tidak orisinil. 

Melansir The Guardian, lukisan-lukisan yang dipamerkan merupakan hasil karya Ettiene yang ternyata dipalsukan. Fakta mengejutkan tersebut ditemukan oleh sejarawan seni Eric Forcada.

"Di salah satu lukisan, tanda tangannya luntur ketika sarung tangan putih saya menyentuhnya," kata Eric.

Ketika mengetahuinya, Eric segera melapor ke atase kebudayaan di wilayah itu dan meminta segera digelar pertemuan para pakar untuk menyelidiki lebih lanjut temuannya.

"Pada tingkatan ekspresi, lukisannya terlihat kasar dan tidak sesuai dengan kanvas yang digunakan Terrus," lanjut Eric.

Dari 120 lukisan yang dipamerkan, 82 di antaranya dinyatakan palsu. 

Wali Kota Elne Yves Barniol menyatakan temuan itu sebagai "bencana" bagi masyarakat di kotanya. 

"Mengetahui orang-orang mengunjungi dan melihat lukisan-lukisan di museum itu, tetapi sebagian besar palsu. Itu sangat buruk. Hal itu bencana bagi wilayah ini," kata Yves.


500
komentar (0)