logo rilis
SBY Minta Aparat Negara Netral di Pilkada Nanti
Kontributor
Budi Prasetyo
19 Juni 2018, 10:31 WIB
SBY Minta Aparat Negara Netral di Pilkada Nanti
Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. FOTO: Istimewan

RILIS.ID, Madiun— Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) meminta agar aparat negara seperti BIN, Polri dan TNI bersikap netral dalam Pilkada serentak 2018.

Menurutnya, banyak informasi, aparat diindikasi mulai berpihak pada partai politik tertentu jelang pencoblosan nanti. Seperti ada niat membuat mereka tak netral.

"Masyarakat tentu menolak cara-cara seperti ini," kata SBY di Madiun pada Senin, 18 Juni kemarin.

Aparat negara diimbau tetap hati-hati menghadapi tahun politik. Pun sebagai seorang purnwirawan TNI, SBY mengaku prihatin terhadap aparat yang berpolitik.

"Saya sebagai salah seorang warga Indonesia dengan rendah hati, juga mengingatkan janganlah aparat negara  berpihak kepada partai politik tertentu," tambah dia.

Menurut SBY, setelah 20 tahun reformasi, netralitas aparat negara ini masih memegang pernanan yang sangat penting, terutama pada tahun politik ini. 

Ia tidak ingin, cita-cita reformasi yang salah satunya ingin mengakhiri ketidaknetralan aparat negara terciderai oleh kepentingan politik sesaat.

"Saya salah satu pelaku reformasi yang ingin mengakhiri ketidaknetralan ABRI waktu itu yang sekarang bernama TNI Polri dan BIN," ungkapnya.

"Maka, saya mengingatkan janganlah diciderai dan mengkhianati roh dan jiwa semangat reformasi," katanya.

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)