logo rilis

SBY Mesra dengan Jokowi, Poros Ketiga Dinilai Sulit Terbentuk
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
06 April 2018, 13:01 WIB
SBY Mesra dengan Jokowi, Poros Ketiga Dinilai Sulit Terbentuk
Jokowi-SBY

RILIS.ID, Jakarta— Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Suko Widodo, menilai poros ketiga akan sulit terwujud di Pilpres 2019.

Pasalnya, kata dia, Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang menjadi salah satu motor penggerak poros itu justru semakin mesra dengan Presiden Joko Widodo.

"Demokrat sangat tergantung ketua umumnya. Nah sejauh ini, hubungan ketua umum Demokrat mesra saja dengan Pak Jokowi. Jadi rasanya memang peluang poros ketiga jauh dari kenyataaan," kata Suko saat berbincang dengan rilis.id, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Dia berujar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan juga Partai Amanat Nasional (PAN) masih gamang untuk menentukan sikapnya. Hal itu juga yang membuat Demokrat meragukan terbentuknya poros ketiga bersama kedua parpol tersebut.

"Apalagi belum ada sinyal dari parpol lain yang ikut. Selama ini Demokrat punya sejarah dekat dengan PAN. Tetapi sampai sekarang PAN belum bersikap jelas," ujarnya.

Suko menduga, Demokrat dan PKB masih saling menunggu dan melihat kemungkinan dibentuknya poros tengah tersebut. Tentunya, kata dia, kedua partai itu juga sambil tetap membuka diri dengan poros lainnya.

"Demokrat terlihat ragu jika hanya dengan PKB saja. Itu tergantung dari dukungan parpol lain," pungkasnya.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)