logo rilis
Sandiaga Optimistis LRT Beroperasional saat Asian Games
Kontributor
Kurniati
16 April 2018, 13:00 WIB
Sandiaga Optimistis LRT Beroperasional saat Asian Games
Ilustrasi Pembangunan LRT. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno, optimistis kereta ringan atau light rail transit (LRT) dapat digunakan saat pelaksanaan Asian Games pada 18 Agustus 2018 mendatang.

"Atas profesionalisme Jakpro dan mitranya, target LRT harus beroperasi sebelum Asian Games dan kira-kira Juli kita akan mulai operasionalkan," kata Sandiaga, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/4/2018).

Sandiaga juga selalu menekankan, keselamatan dan kesehatan kerja, harus selalu menjadi pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan.

"Jangan mereka terburu-buru dan akhirnya terjadi keteledoran, terjadi SOP yang tidak dipatuhi, dan akhirnya mereka harus mengalami kecelakaan. Kita lihat ada kecelakaan kecil kemarin. Mudah-mudahan ini tidak menjadi suatu pressure yang terlalu besar, sehingga mereka mulai keluar dari koridor SOP dan terjadi kecelakaan," kata orang nomor dua di DKI Jakarta ini.

Ia mengatakan, pada fase pertama ini terdapat tiga lintas pelayanan. 

Pertama, Cawang ke Cibubur dengan lima stasiun, yaitu Cawang, Taman Mini, Kampung Rambutan, Ciracas dan Cibubur total jaraknya 14,5 kilometer.

Kedua, Cawang ke Dukuh Atas dengan enam stasiun, yaitu Cikoko, Pancoran, Kuningan, Rasuna Said, Setiabudi dan Dukuh Atas total jaraknya 10,5 kilometer.

Ketiga, Cawang Bekasi Timur dengan empat stasiun, yaitu Jati Cempaka, Cikunir, Bekasi Barat, dan Bekasi Timur total jaraknya 18,5 kilometer.

Pada fase kedua akan ditambah tiga lintasan pelayanan lagi. 

Yaitu, pertama, Dukuh Atas ke Senayan dengan tiga stasiun, yaitu GBK 1, GBK 2 dan Senayan total jaraknya 7,8 kilometer.

Kedua, Cibubur ke Bogor dengan empat stasiun, yaitu Cibubur, Cibinong, Sentul dan Tanah Baru total jaraknya 30,5 kilometer.

Ketiga, Palmerah ke Grogol dengan tiga stasiun yaitu Palmerah, Tomang dan Grogol yang memiliki jarak total 5,5 kilometer.

Nilai investasi proyek LRT ini diputuskan sebesar Rp29,9 triliun atau turun dari sebelumnya disebut bakal membengkak jadi Rp31 triliun.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)