logo rilis

Sandiaga: Manfaatkan Teknologi di Konsep 'Urban Farming'
Kontributor

13 Maret 2018, 16:24 WIB
Sandiaga: Manfaatkan Teknologi di Konsep 'Urban Farming'
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menginginkan agar perkembangan teknologi saat ini dimanfaatkan dalam bidang pertanian, khususnya untuk pertanian perkotaan atau urban farming.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salagudin Uno, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, maka konsep urban farming dapat diimplementasikan dengan baik dan bisa menjadi solusi permasalahan terkait pertanian di ibu kota.

"Saya berharap pemanfaatan teknologi dalam konsep urban farming dapat menjadi solusi atas berbagai masalah dalam bidang pertanian. Salah satunya, yaitu masalah keterbatasan lahan," katanya di Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Dengan pemanfaatan teknologi tersebut, kata Sandiaga, tempat-tempat yang berukuran sempit, misalnya gang, tetap dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam bagi warga. Sehingga, keterbatasan lahan tidak lagi menjadi masalah.

"Dengan menggunakan teknologi, kita bisa menerapkan pola bercocok tanam secara vertikal. Saya ingin menggerakkan seluruh masyarakat, sampai di tingkat RT, agar mulai menerapkan konsep urban farming," tutur Sandiaga.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, konsep urban farming dapat memberikan sejumlah manfaat, di antaranya memperkuat ketahanan pangan dan sekaligus menjadi solusi penyediaan pangan sehat di ibu kota.

"Pelaksanaan program urban farming itu bisa mendatangkan sejumlah manfaat, sehingga harus mulai dicoba untuk diterapkan. Dengan begitu, saya berharap kedepannya Kota Jakarta memiliki kemandirian pangan," ungkap Sandiaga.
 

Editor: Kurnia Syahdan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)