logo rilis

Sandiaga: Maksimalkan Penerapan 'Smart City' bagi Warga
Kontributor
Kurnia Syahdan
10 April 2018, 14:26 WIB
Sandiaga: Maksimalkan Penerapan 'Smart City' bagi Warga
Wakil Gubernur DKI Jakarta. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno meminta agar konsep smart city diterapkan secara maksimal untuk pelayanan warga, sekaligus pelaksanaan pembangunan di ibu kota.

"Saat ini, konsep smart city sudah menjadi bagian terpenting dalam pengelolaan dan penataan kota, termasuk untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat," katanya di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Smart city adalah konsep pengelolaan dan penataan kota dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya di sebuah kota dengan lebih efektif dan efisien.

Akan tetapi, sambung dia, konsep smart city tidak hanya berupa konsep kota cerdas semata, namun sebagai penunjang kemajuan atau pengembangan kota dalam dimensi sosial, ekonomi dan lingkungan.

"Konsep smart city itu juga mengenai smart people, smart economy, smart industry dan tentunya safe city. Jadi, konsep smart city itu memang memiliki cakupan yang luas," ujar Sandiaga ketika melakukan kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara Telkom yang berlokasi di Jalan Gunung Sahari Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Konsep smart city, kata Sandiaga, juga harus mampu menjadi bagian untuk menjawab permasalahan yang ada di ibu kota dengan menghadirkan solusi-solusi yang berbasis data.

"Oleh karena itu, kami, Pemprov DKI Jakarta siap untuk menjalin kerja sama dengan Smart City Nusantara untuk menghadirkan solusi-solusi perkotaan yang berkelanjutan dan berkesinambungan," ucap Sandiaga.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)