logo rilis
Sambut Lebaran, RNI Gelar Mudik Gratis untuk 1000 Orang
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
29 Mei 2018, 10:47 WIB
Sambut Lebaran, RNI Gelar Mudik Gratis untuk 1000 Orang
FOTO: RILIS.ID/ Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Persero, turut mendukung kelancaran mudik Lebaran 2018 dengan menggelar program Mudik Gratis bagi 1.000 orang. Menurut Corporate Communication RNI, Fazar Bachtiar, program itu merupakan bagian dari yang digelar Kementerian BUMN bersama 61 BUMN lainnya dengan target  200 ribu pemudik.

“Program ini terbuka untuk umum. Masyarakat dapat mendaftarkan hanya dengan membawa kartu identitas (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) dan mengisi formulir yang sudah disediakan di beberapa lokasi pendaftaran,” kata Fazar melalui siaran persnya kepada rils.id, Senin (28/5/2018).

Fazar menjelaskan, pendaftaran mudik gratis RNI yang dibuka sampai 1 Juni 2018 bisa dilakukan di beberapa lokasi yang tersebar di kantor pusat hingga anak perusahaan. Di antaranya Gedung RNI Mega Kuningan Jakarta, Kantor PT PG Rajawali II Cirebon, Kantor Pabrik Gula (PG) Jatitujuh Majalengka, Kantor PG Subang, Kantor PT Rajawali Nusindo Cabang Pontianak dan Palangkaraya. 

“Pemenuhan armada transportasi dilakukan melalui sinergi BUMN dengan Perum Damri dan PT PELNI (Persero)," jelasnya.

Fazar mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan puluhan armada bus Damri executive class dan 2 kapal penumpang PELNI untuk mengangkut pemudik dari beberapa titik keberangkatan. Untuk bus, lanjutnya, akan diberangkatkan dari Subang dan Majalengka pada 8 Juni 2018, serta dari Jakarta dan Cirebon pada 11 Juni 2018 dengan tujuan Yogyakarta, Solo, Madiun, dan Surabaya.

"Sedangkan untuk kapal laut kita berangkatkan pada 9 Juni 2018 dari Pontianak dengan tujuan Surabaya dan dari Pelabuhan Kumai dengan tujuan Semarang,” sambungnya.

Untuk informasi lebih lanjut, imbuh Fazar, calon pemudik bisa menghubungi nomor kontak panitia yang tertera pada pengumuman di sosial media dan website resmi RNI. Pihaknya mengajak masyarakat turut serta memanfaatkan program ini karena selain tak ada biaya, pemudik juga akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti kaus, topi, dan goodybag serta jaminan asuransi.

“Kami berharap melalui program ini RNI dapat turut serta memberikan kontribusi nyata dalam menyukseskan program pemerintah pada mudik tahun 2018 khususnya dalam mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan sendiri seperti sepeda motor,” harapnya.

Pada tahun ini Pemerintah semakin menggenjot pelaksaaan program mudik gratis menggunakan bus, kapal laut, dan kereta api. Pasalnya, Direktorat Jenderal Kementerian Perhubungan telah memprediksi pada Lebaran 2018 akan terjadi lonjakan angka pemudik, khususnya yang menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor. 

Kemenhub memperdiksi pada tahun 2018 jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor sebanyak 6,3 juta orang, atau meningkat 30,4 persen dari tahun lalu yang berada di angka 4,7 juta orang pemudik. Adapun jumlah pemudik Lebaran 2018 diperkirakan sebanyak 19,5 juta orang atau mengalami peningkatan 10 hingga 15 persen dibanding tahun lalu.
 


500
komentar (0)