logo rilis
Sambut Digitalisasi, Menperin Genjot Kualitas SDM
Kontributor
Intan Nirmala Sari
11 April 2018, 18:39 WIB
Sambut Digitalisasi, Menperin Genjot Kualitas SDM
FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Perindustrian Airlangga Hartato mengatakan, kesiapan SDM di pemerintahan sangat penting untuk menyukseskan peta jalan Making Indonesia 4.0 seperti yang dicita-citakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Oleh sebab itu, pemerintah akan membuat pelatihan untuk kementerian, pemerintah daerah dan lembaga untuk menyambut Revolusi Industri 4.0 agar dapat memahami perubahan ke era digitalisasi ini.

Airlangga saat ditemui di Kantor Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), tak memungkiri kalau revolusi industri yang saat ini mulai menuntut banyak perubahan di berbagai sektor, tidak terkecuali pemerintahan.

"Bukan saja di pelaku usaha atau swasta, tetapi juga regulator perlu mengadakan perubahan atau antisipasi regulasi. Bisnis ini banyak yang melakukan perubahan dari offline menjadi online, internet of things ini akan menjadi sangat kuat," katanya di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Menurut Airlangga, dengan Making Indonesia 4.0 diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, inovasi, dan kesejahteraan masyarakat Indonesia ke depan. Sementara Menteri Ristekdikti Mohamad Nasir menyebut, pelatihan ini memang bertujuan untuk mengubah wajah Indonesia ke depan, bukan seperti masa lalu.

Apalagi era digitalisasi ini, katanya, menjadi peluang utama untuk meningkatkan ekonomi Indonesia ke depan. "Kaitannya nanti bagaimana cara pandang mengelola pemerintahan, membuat kebijakan, mensinergikan kementerian yang mungkin berjalan sendiri-sendiri," ungkap Natsir.

Menperin pun menambahkan, hal ini diharapkan dapat berkorelasi pada perbaikan tiga sektor dominan yang diharapkan presiden. "Ujung-ujungnya, hanya tiga yang paling dominan. Ekspor Indonesia meningkat, Investasi ikut meningkat, dan menurunkan kemiskinan. Jadi kesejahteraan harus meningkat," jelasnya.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)