logo rilis
'Salju Dieng' Bikin Wisatawan Penasaran, Ini Penampakannya...
Kontributor
Elvi R
24 Juni 2019, 15:00 WIB
'Salju Dieng' Bikin Wisatawan Penasaran, Ini Penampakannya...
Embun Salju Dieng. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Kemunculan embun salju atau frost, di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, membuat para wisatawan penasaran. Mereka berbondong-bondong berburu fenomena yang dianggap unik bagi publik.

terlebih saat ini musim liburan sekolah setelah kenaikan kelas atau menerima raport.

Dilansir dari jogjainside.com sejumlah wisatawan mulai berdatangan pada, Sabtu (22/6/2019) mereka bahkan menginap di sekitar Dieng agar bisa menyaksikan embun salju pukul 05.30 WIB.

“Suhu mencapai minus 3 derajat celcius, dan pagi hari begitu indah di sepanjang hamparan ladang kentang, lereng bukit, dan seputar Kawah Sikidang,” kata Mulyadi salah satu pengunjung.

“Selama ini kan hanya melihat di televisi karena yang semacam ini hanya ada di luar negeri, Eropa, misalnya,” imbuhnya.

Meski suhu terasa dingin, namun ia mengaku puas bisa melihat embun yang membeku. Termasuk air yang menggenang di plastik yang ikut membeku.

Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara Aryadi Darwanto mengatakan, wisatawan sudah mulai berdatangan sejak pagi buta. Wisatawan tersebut sengaja memburu embun salju, lantaran obeyk wisata lainnya belum buka.

“Para wisatawan ini sudah mulai berdatangan sejak pagi. Mereka ke lapangan Saung yang berada di sekitar komplek Candi Arjuna. Di sana tidak ada obyek wisata lain, kecuali hamparan embun es,” katanya.

Candi Arjuna memang baru buka pukul 07.00 WIB. Kebetulan, saat ini embun es di komplek Candi Arjuna justru lebih tipis jika dibanding lapangan.

Sebenarnya fenomena embun salju Dieng  diketahui mendadak muncul pada Sabtu pagi, 18 Mei 2019. Ini cukup mengejutkan. Pasalnya, embun es biasanya muncul pada puncak kemarau antara Juni-September.

Embun es atau disebut sebagai bun upas oleh warga Dieng. Saat itu  suhu minus satu derajat celsius. Embun es nampak di lapangan sekitar kompleks Candi Arjuna, Dieng Kulon Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Kemudian berlanjut, dengan suhu yang terus menurun, dan hingga saat ini menurut data mencapai minus 5 derajat celcius. 

Sementara itu, sampai kapan embun salju masih ada? Aryadi menuturkan, hal ini masih akan berlangsung hingga Selasa (25/6/2019).

"Prediksi 4 hari ke depan, besok diprediksi akan kembali muncul di Dieng terutama di komplek Candi Arjuna. Sedangkan tiga hari berikutnya yakni Minggu sampai Selasa tidak muncul," ungkapnya.

Prediksi ini berdasar pada aplikasi cuaca di smartphone yang dikorelasikan dengan suhu udara di Dieng. Berdasar perkiraan cuaca, hari Minggu hingga Selasa, Dieng tertutup awan.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID