logo rilis
Salam Pencak Silat Tapak Suci Anies-Sandi
Kontributor
Ning Triasih
27 April 2018, 17:31 WIB
Salam Pencak Silat Tapak Suci Anies-Sandi
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memperagakan salam pencak silat Tapak Suci. FOTO: Instagram/@sandiuno

RILIS.ID, Jakarta— Gubernur DKI Jakarta beserta Wakilnya, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, menghadiri upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-68 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-56 di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (26/4).

Tampil di hadapan ribuan Satol PP dan Linmas, Anies-Sandi memperagakan pose yang mirip tokoh di serial superhero Ultraman. Namun, gaya itu rupanya merupakan salam pencak silat Tapak Suci.

Pantauan rilis.id melalui Instagram @sandiuno, salam Tapak Suci Anies-Sandi terlihat dari foto yang diunggah Sandi melalui akun Instagramnya pada Kamis kemarin. Dalam foto tersebut, tampak pemimpin Jakarta itu berdiri berdampingan, memperagakan gaya salam Tapak Suci, yakni tangan kanan diangkat, sedangkan tangan kiri ditundukkan.

"Ini bukan sedang menirukan Ultraman. Kita sedang menirukan salam pencak silat tapak suci bersama Satpol PP," tulis Sandi dalam keterangan foto yang diunggahnya.

Sandi dalam keterangan fotonya juga menuliskan, baginya Satpol PP merupakan Ultraman dalam kehidupan nyata. "Memang mereka ialah ultraman-ultraman kita versi nyata. Mereka lah yang membantu mengkondisikan Jakarta agar tertib & teratur sehingga penyelenggaraan roda pemerintahan dapat berjalan dengan lancar  dan masyarakat dapat berkegiatan dengan aman."

 

Sebagai informasi, Tapak Suci merupakan salah satu cabang dari seni beladiri pencak silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Tapak Suci atau Tapak Suci Putera Muhammadiyah yakni sebuah aliran beladiri di bawah naungan organisai Muhammadiyah.

Melansir dari berbagai sumber, salam Tapak Suci sendiri merupakan sikap hormat. Tangan kanan diangkat bermakna mengutamakan dalam menegakkan keadilan dan kebenaran, sedangkan tangan kiri ditundukkan berarti menundukkan kezaliman dan kemungkaran.

 


500
komentar (0)