logo rilis
Sabet WTP, Senator: Pemprov DKI Semakin 'On the Right Track'
Kontributor
Fatah H Sidik
28 Mei 2018, 23:19 WIB
Sabet WTP, Senator: Pemprov DKI Semakin 'On the Right Track'
Anggota DPD RI asal DKI Jakarta, Fahira Idris. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Anggota DPD RI, Fahira Idris, mengapresiasi kinerja Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di bawah Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Soalnya, kali pertama dalam lima tahun terakhir mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan.

"Satu lagi janji yang ditunaikan Anies-Sandi saat kampanye, DKI Jakarta akhirnya mendapat WTP. Ini pencapaian yang patut diapresiasi," ujar Ketua Komite II DPD itu via siaran pers yang diterima rilis.id di Jakarta, Senin (28/5/2018).

Prestasi tersebut, menurutnya, menunjukkan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI sepenuhnya untuk membangun Jakarta, baik manusia maupun infrastruktur. "Pemprov DKI Jakarta semakin on the right track," ucapnya.

Senator asal Ibu Kota ini menilai, DKI sebelum-sebelumnya cuma bisa mendapatkan opini wajar dengan pengecualian (WDP), karena ada persoalan pencatatan aset yang tidak kunjung diselesaikan gubernur terdahulu. Masalah tersebut cukup kompleks, mulai dari sistem informasi aset belum sesuai standar akuntansi, inventarisasi tak selesai, serta data Kartu Inventaris Barang tak informatif dan tidak valid.

Belum lagi persoalan penyusutan aset tak didukung kertas kerja dan pencatatan aset tanah yang sama, tetapi dicatat di tiga satuan kerja perangkat daerah (SKPD). "Problem ini dijawab pemprov dengan melakukan inventarisasi aset tetap Pemprov DKI Jakarta secara komprehensif dan tepat waktu," jelasnya.

"Kartu inventaris barang juga diperbaharui, sehingga lebih informatif dan mampu mengoreksi catatan-catatan aset yang belum valid. Predikat WTP ini, akan menjadi salah satu langkah penting bagi Anies-Sandi untuk memastikan bahwa setiap rupiah APBD DKI Jakarta yang keluar memang diperuntukan bagi warga," tutupnya.

Editor: Elvi R


500
komentar (0)