logo rilis
Saat Nama Bupati Gunungkidul Tak Masuk DPS
Kontributor
Fatah H Sidik
17 April 2018, 17:34 WIB
Saat Nama Bupati Gunungkidul Tak Masuk DPS
Badingah memasukkan surat suara ke dalam kotak suara di TPS 04 Dusun Purbosari, Wonosari, saat Pemilihan Bupati Gunungkidul, 9 Desember 2015. FOTO: Ist

RILIS.ID, Gunung Kidul— Nama Bupati Gunungkidul, Badingah, tak masuk dalam Daftar Pemilih Sementara. Sebab, yang tertulis di dalamnya adalah Badi'ah.

Hal ini diketahui ketika Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) di kediaman Badingah, di Dusun Purbosari, Desa Wonosari, Selasa (17/4/2018). Demikian disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Zaenuri Ikhsan.

"PPDP menemukan salah penulisan nama Bupati Gunungkidul. Dalam nama daftar pemilih sementara, tidak sesuai dengan nama pada KTP elektronik," ujarnya di Gunungkidul, Yogyakarta, beberapa saat lalu.

"Kesalahannya, yakni ada perubahan di NIK dan Badi'ah. Yang benar Badingah. Yang ini kami betulkan sesuai dengan KTP elektronik," imbuhnya. NIK Bupati pun diperbaiki.

Kata Zaenuri, kesalahan penulisan tersebut dapat segera membenahi data melalui coklit. Begitu pula dengan pemilih yang belum terdata. Karenanya, masyarakat diharapkan berperan aktif dan memberikan data sebenar-benarnya. 

Sementara, Badingah mengatakan, dirinya tak mempersoalkan masalah tersebut. Alasannya, bisa langsung diperbaiki.

"Pagi tadi petugas melakukan coklit dengan mencocokkan Kartu Keluarga dan KTP saya. Semua sudah beres, tidak ada permasalahan," ucapnya. Badingah juga berharap, masyarakat ikut membantu dan teliti saat coklit.

Dalam melakukan coklit, KPU Gunungkidul menerjunkan 2.715 PPDP. Coklit sendiri digelar sejak 17 April hingga Mei mendatang.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)