logo rilis
Saat Lelah, Hindari Tiga Aktivitas Ini
Kontributor
Ning Triasih
13 Mei 2018, 22:31 WIB
Saat Lelah, Hindari Tiga Aktivitas Ini
ILUSTRASI: Monthly Gift

RILIS.ID, Jakarta— Padatnya aktivitas, akan membuat energi tubuh melemah. Alhasil, tubuh akan memberi reaksi dalam bentuk kelelahan.

Ketika rasa lelah melanda, salah satu solusinya adalah dengan beristirahat. Agar waktu istirahat bisa berjalan lancar, ada beberapa aktivitas yang harus dihindari ketika lelah.

Berikut tiga aktivitas yang sebaiknya hihindari ketika diri dilanda lelah:

Tidur siang

Tidur siang, apalagi di saat libur, tentu menyenangkan. Ini juga cara terbaik untuk mengembalikan energi tubuh dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Tapi, tidur siang bisa jadi membahayakan jika dilaukan secara berlebihan, apalagi ketika Anda benar-benar lelah. Sebaliknya, tidur siang akan menyehatkan jika dilakukan dengan pola waktu yang benar.

Baiknya, tidur siang dilakukan paling tidak 20-30 menit. Waktu yang cukup singkat untuk mengembalikan energi dan tak memengaruhi tidur malam Anda. Namun, jika dilakukan berlebihan justru akan membuat Anda makin terasa lemas.

Mengonsumsi Kafein

Saat lelah, sebaiknya hindari dulu makanan atau minuman berkafein seperti kopi. Pasalnya, mengonsusi kafein apalagi berlebihan dalam jeda waktu berdekatan akan memepngaruhi pola waktu istirahat Anda. Akhirnya, Anda justru tidak punya waktu cukup untuk beristirahat dan Anda akan semakin lelah.

Olahraga berat

Berolahraga apalagi berat saat Anda benar-benar lelah hanya akan membuang-buang waktu dan energi. Alih-alih badan terasa bugar, Anda justru bisa saja akan mengalami cedera.

Tapi jika Anda tetap ingin berolahraga, lakukan kegiatan yang ringan-ringan saja, seperti berjalan kaki atau bersepeda.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)