logo rilis

Rumah Gembong Narkoba Bersejarah Akan Digusur Pemerintah Kolombia
Kontributor
Syahrain F.
04 April 2018, 23:23 WIB
Rumah Gembong Narkoba Bersejarah Akan Digusur Pemerintah Kolombia
Pablo Escobar. FOTO: Dok. Kepolisian Nasional Kolombia via AA

RILIS.ID, Bogota— Pemerintah Kota Medellin di Kolombia ingin menggusur rumah Pablo Escobar, gembong narkoba yang terbunuh pada 1993 silam, dan menggantikannya dengan sebuah taman.

Menurut pernyataan Pemerintah Kota Medellin, Wali Kota Federicao Gutierrez telah menyampaikan kepada Administrasi Aset Khusus bahwa Apartemen Monaco yang pernah ditinggali Escobar itu telah diserahkan kepada kepolisian untuk dihancurkan.

“Simbol-simbol ilegalitas seperti Apartemen Monako harus dihancurkan karena struktur-struktur ini dibangun di atas kekerasan dan penderitaan,” kata Gutierrez dalam pernyataan tersebut.

Pernyataan itu menambahkan bahwa bangunan itu rencananya akan dihancurkan untuk pembangunan ruang hijau untuk mengenang lebih dari 5.000 orang yang tewas dalam perang kartel narkoba pada tahun 1989-1993.

Tur kota untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi rumah-rumah dan tempat-tempat yang pernah digunakan Escobar juga akan berakhir bersamaan dengan penggusuran rumah tersebut, kata pernyataan itu.

Pada tahun 1988, kartel Cali, saingan kartel Medellin, menyerang bangunan tersebut dengan kendaraan bermuatan 80 kilogram bahan peledak untuk membunuh Escobar. Pablo Escobar dan keluarganya selamat dari serangan itu.

Sumber: Anadolu Agency


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)