logo rilis

Rizieq Shihab: Saya Dicekal Arab Saudi Atas Permintaan Pemerintah Indonesia
Kontributor
RILIS.ID
02 Desember 2019, 17:30 WIB
Rizieq Shihab: Saya Dicekal Arab Saudi Atas Permintaan Pemerintah Indonesia
Ketua FPI Habib Rizieq Shihab. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mengaku salah satu alasan dirinya tak bisa pulang ke Indonesia dan hadir dalam reuni aksi 212 lantaran dirinya dicekal oleh Pemerintah Indonesia. Ia menyebut pencekalan di Arab Saudi karena adanya permintaan pemerintah Indonesia lantaran alasan keamanan.

Dilansir dari Detik.com, hal itu disampaikan Rizieq dalam sambutannya melalui video yang ditampilkan di panggung utama reuni Akbar 212 di Monas, Jakarta, Senin (2/12/2019).

"Karena saya masih dicekal oleh pemerintah Saudi Arabia dengan alasan keamanan atas permintaan pemerintah Indonesia," kata Rizieq. 

Menurut Rizieq, Pemerintah Arab Saudi pada dasarnya memberikan 'pintu' kepadanya bila ingin pulang ke Indonesia. Namun, menurutnya kepulangannya terhalang karena adanya larangan dari Pemerintah Indonesia.

"Apa yang sudah dikatakan Duta Besar Arab Saudi yang lama, yaitu Syekh Osama Al Shuaibi, beliau menyatakan bahwa 'kami Saudi setiap saat siap untuk memberikan Habib Rizieq ke Indonesia'. Akan tetapi silahkan Anda tanyakan tentang sikap dari pemerintah Anda sendiri,'" ucap Rizieq.

Tak hanya itu saja, Rizieq pun merasa diasingkan oleh negaranya sendiri. Hal ini mengacu pada pernyataan dari kedua duta besar Arab Saudi untuk Indonesia. 

"Sebetulnya dua pernyataan dari dua duta besar Saudi baik yang lama atau yang baru itu sudah lebih dari sekadar pembuktian, lebih dari sekedar kesaksian. Pengakuan dari dua duta besar tersebut sudah cukup menjadi bukti bagi kita bahwa pencekalan yang terjadi pada saya saat ini tidak lain dan tidak bukan adalah pengasingan oleh rezim penguasa Indonesia saat ini," Papar Rizieq.

(Tari Oktaviani)

 

 

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID