logo rilis
Rizal Ramli: Presiden Jokowi, Anda Bekerja untuk Siapa?
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
29 Januari 2019, 19:38 WIB
Rizal Ramli: Presiden Jokowi, Anda Bekerja untuk Siapa?
Rizal Ramli. RILIS.ID/Nailin

RILIS.ID, Jakarta— Mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli, mempertanyakan sejumlah kebijakan impor pangan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya, pangan adalah permasalahan kedaulatan lantaran berkaitan erat dengan kepentingan rakyat.

Rizal Ramli pun mempertanyakan keberpihakan Jokowi selama ini terhadap rakyat. 

"Saya mau tanya Presiden Jokowi, who are you working for? Apakah anda kerja untuk petani di Thailand, Vietnam? Petani garam di Australia? Kok tega ini tidak dihentikan," katanya saat menjadi pembicara dalam diskusi Selasa-an Topic of The Week, 'Jokowi Raja Impor?' di Seknas Prabowo-Sandi, Menteng, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Dia mengatakan, selama ini ada birokrat yang merangkap rente untuk menciptakan kelangkaan komoditas pangan yang semu. Yakni, dengan melebih-lebihkan kelangkaannya agar impor semakin tinggi.

"Petani di Jatim nangis karena garamnya tidak laku dijual. Petani tebu dilebihkam impornya 2 juta ton, gula petani enggak laku. Importir merangkap pedagang pesta pora. Pejabat yang terima sogokan juga pesta pora. Total nilai impor Rp23 triliun," ujarnya. 

Kelangkaan semu itu, ungkap Rizal, yang menyebabkan kebijakan impor menjadi ugal-ugalan. Akibatnya, petani mengurangi produksinya karena banyak impor sehingga tercipta ketergantungan yang permanen.

"Bayangkan negara yang banyak matahari tanah air harusnya kita jadi lumbung pangan Asia. Kita bisa kasih makan di Asia dan Afrika yang miskin. Tapi karena permainan pemburu rente ini setiap ada masalah rapat impor. semoga presiden yang baru hentikan kebiasaan ini," ungkapnya.

Untuk itu, Rizal mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memilih pemimpin yang tepat pada Pilpres 2019 nanti. Yakni, sebut dia, presiden yang dekat dan berpihak kepada rakyat. 

"Kita perlu presiden yang modalnya bukan slogan, bukan kampanye, tapi sungguh sungguh," lanjutnya. 

Dalam diskusi itu, hadir politisi senior Amien Rais sebagai keynote speach. Sementara pembicara diskusi itu di antaranya anggota DPR RI Komisi VI, Azam Azman Natawijaya, Komisioner Ombudsman RI Alamsyah Saragih, mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli dan politisi PAN, Dradjat Wibowo.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID