logo rilis
Ritual Gus Ipul sebelum Debat Pilgub Jatim
Kontributor
Budi Prasetyo
10 April 2018, 19:06 WIB
Ritual Gus Ipul sebelum Debat Pilgub Jatim
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Surabaya— Apa yang dilakukan Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjelang debat terbuka yang digelar KPU Jatim, Selasa (10/4/2018) malam nanti. Gus Ipul ternyata punya ritual, atau cara seremonial sendiri.

Pagi hari, sekitar pukul 08.30 WIB Gus Ipul mendatangi masjid Al Akbar untuk melaksanakan salat Duha bersama sejumlah kiai sepuh. Usai salat Duha, Gus Ipul langsung menuju sebuah warung sekitar masjid dengan mengajak sejumlah wartawan.

Ketika ditanya apakah ada doa khusus saat sholat bersama sejumlah kiai Sepuh Gus Ipul hanya menjawab, "Doanya, doa umum. Yakni, dijauhkan dari musibah dan selamat dunia-akhirat. Kita ingin proses debat dilewati dengan kegembiraan".

Menghadapi debat publik, Gus Ipul mengaku tidak ada persiapan khusus. Pengalamannya sebagai wakil gubernur selama dua periode, sudah menjadi bekal untuk menghadapi debat. 

Visi dan misi juga telah disusun melalui persiapan yang panjang. Tidak sekedar debat yang pertama. Memproses visi-misi hingga diserahkan ke KPU.

Selain itu, apa yang akan disampaikan di debat, selama ini sudah sering disampaikan. Mungkin tidak ada yang baru, tapi ada penekanan-penekanan.

"Kita sampaikan apa yang kita sudah lakukan dan yakini. Yang lain setuju dan tidak setuju, itu soal lain. Kita sampaikan program-program, selebihnya kita serahkan ke publik," ujarnya.

Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno merasa siap untuk berdebat dengan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, karena ia merasa sudah tahu betul permasalahan Jatim dari pengalamannya selama dua periode menjadi Wagub.

"Soal debat nanti, kita lihat situasi. Kan sudah ada rundown-nya. Setiap sesi dijawab berdua atau sendiri. Ada sesi dijawab cagub dan cawagub," kata dia. 

Editor: Eroby JF


komentar (0)