logo rilis
Rinjani Masuk Geopark Dunia, Ini Kata TGB
Kontributor
Kurniati
16 April 2018, 15:07 WIB
Rinjani Masuk Geopark Dunia, Ini Kata TGB
Pesona Gunung Rinjani di Mataram, Nusa Tenggara Barat. FOTO: Instagram/@lonelyplanet_it

RILIS.ID, Mataram— Gunung Rinjani akhirnya menjadi bagian dari jaringan Geopark Dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG).

"Alhamdulillah, puji dan syukur hanya milik Allah SWT," kata Gubernur Nusa Tenggara Barat, Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi, di Mataram, Senin (16/4/2018).

Selain bersyukur, TGB juga menyampaikan terima kasih kepada panel UNESCO yang sudah menetapkan Gunung Rinjani menjadi UGG.

"Terima kasih juga kepada seluruh kepala daerah yang terkait dengan Geopark Rinjani dan seluruh masyarakat NTB yang berusaha berdoa dan kegiatan untuk bisa mendukung upaya kita menjadikan Rinjani menjadi bagian Geopark Rinjani," kata Zainul Majdi.

Setelah penetapan Gunung Rinjani menjadi UGG, kata TGB, tugas selanjutnya adalah membenahi dan memastikan kualitas lingkungan di Geopark Rinjani khususnya yang menjadi pusat-pusat keramaian di kawasan itu tetap terjaga kebersihannya.

"Misalnya, Gunung Rinjani yang menjadi lokasi trekking agar kualitas lingkungannya dijaga. Malu kita, jangan sampai isu kebersihan masih ada. Ayolah kita bantu diri kita, bangun daerah dengan kekuatan kita, jaga kehormatan daerah dengan tidak merusak daerah ini. Siapa pun yang datang ke Rinjani pastikan adik atau saudara, pendaki gunung dan penikmat keindahan alam tidak mengotori Rinjani dan jaga kebersihannya," jelas TGB.

Selain itu, gubernur dua periode ini mengatakan, yang tidak kalah penting setelah penetapan Gunung Rinjani sebagai UGG, adalah bagaimana pemerintah daerah melakukan pembenahan sarana prasarana di kawasan tersebut, terutama yang berkaitan dengan sarana umum.

Sebab, kata dia, dengan penetapan Gunung Rinjani menjadi UGG akan menjadi keunggulan baru untuk ecotourism di NTB.

Disinggung dampak yang diperoleh dengan penetapan UGG tersebut, TGB mengakui akan memiliki dampak besar bagi daerah, meski tidak langsung instan.

"Begitu ditetapkan ramai-ramai orang datang, tidak seperti itu juga. Namun yang namanya global itu dampaknya pasti ada dan besar," tegasnya.

TGB menambahkan, adanya penetapan ini maka potensi daerah menjadi bertambah dan pariwisata NTB akan lebih berkembang.

Selanjutnya, tenaga kerja juga akan lebih banyak terserap dan industri kreatif akan terus berkembang, namun dengan tetap memperhatikan kualitas lingkungan.

"Yang lebih penting dari penetapan ini, kita akan lebih hati-hati dalam mengembangkan kawasan penting di daerah ini, sehingga harus dijaga jangan sampai kualitas lingkungannya menurun," kata Zainul Majdi.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)