logo rilis
Ridwan Kamil Rancang Satu Pesantren, Satu Perusahaan
Kontributor
Sukma Alam
10 April 2018, 08:07 WIB
Ridwan Kamil Rancang Satu Pesantren, Satu Perusahaan
Ridwan Kamil. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Bandung— Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) akan merancang program 'satu pesantren, satu perusahaan' untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program tersebut bisa terwujud bila dirinya terpilih dalam Pilkada Jabar 2018.

"Ini kan bisa meningkatkan kemandirian pesantren," ujar Ridwan Kamil dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/4/2018).

Konsep tersebut tergambar saat dirinya berkunjung ke Pondok Pesantren Al Masthuriyah Kabupaten Sukabumi. Di pesantren tersebut, ia melihat langsung pengelolaan ternak lele yang menghasilkan pemasukan hingga ratusan juta rupiah dan seluruh santri dilibatkan dalam budi daya ikan.

Dari hasil obrolannya dengan pimpinan pondok pesantren, ikan Lele itu merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk kemudian dibudidayakan secara berkelanjutan oleh pesantren.

Setiap panen, dari 24 kolam yang ada, mampu menghasilkan pemasukan hingga Rp20 juta, dengan masa panen dua hingga tiga kali dalam satu tahun.

"Dengan usaha ini, kalau setahun panen lima sampai enam kali saja, dalam setahun ada pemasukan uang hingga Rp100 juta. Ini kan bisa meningkatkan kemandirian pesantren," katanya.

Menurut dia, konsep wirausaha yang dikembangkan Pesantren Al Masthuriyah bisa diduplikasi oleh pesantren lainnya, sesuai dengan potensi yang ada di wilayah tersebut.

"Di pesantren lain bisa dikembangkan produk lain, misalnya roti, sandal, pecil, keripik, dan sebagainya," katanya.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)