Home » Peristiwa » Daerah

Ridwan Kamil Pastikan Situasi Jelang Natal dan Tahun Baru Aman

print this page Rabu, 13/12/2017 | 13:27

Wali Kota Bandung RIdwa Kamil. FOTO: Instagram Ridwan Kamil

RILIS.ID, Bandung— Wali Kota Bandung, Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) mengatakan, keamanan menjelang perayaan Natal dan libur Pergantian tahun baru akan berjalan kondusif dan terkendali dari ancaman kejahatan.

Menurutnya, situasi di akhir 2017 diprediksi aman berdasarkan laporan penanganan kepolisian dan tingkat keluhan warga Bandung di akun media sosial.

“Dari laporan kepolisian di akhir tahun, kejahatan khususnya curanmor dan kekerasan hampir turun 70 persen, tolong diapresiasi. Saya monitor di medsos juga udah berbulan-bulan enggak banyak komplen,” ujar Emil seusai Rakor lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Mapolrestabes Bandung, Rabu (13/12/2017).

Bahkan, meningkatnya jumlah wisatawan ke Kota Bandung yang mencapai dua juta orang menjadi atensi pengamanan di akhir tahun baik di wilayah central maupun tingkat RT/RW, agar diintensifkan.

“Hari Jumat, Sabtu, Minggu memang harus siaga satu karena ini kota wisata. Khusus untuk natal tahun baru, persiapan mohon ditingkatkan tapi sifatnya tidak terkesan tegang, santai saja, rileks saja,” terangnya.

Untuk perayaan pergantian tahun di Kota Bandung berada di tiga lokasi yang tidak hanya di alun-alun Bandung.

“Tahun baru kita ada tiga lokasi, Asia Afrika, alun-alun Ujungberung dan alun-alun Cicendo, sehingga terpecah. Pengamanan ke RT-RW jadi dari infiltrasi (penyusupan) orang-orang negatif,” katanya.

Lebih lanjut, Emil mengatakan, kesiapan pengamanan seluruh aparat dari pemerintah sudah maksimal. “Nyamannya urusan Wali Kota, amannya urusan pak Kapolres, tugas kami sudah sangat baik,” terangnya. 

Penulis Arman Putra
Editor Sukma Alam

Tags:

BandungJelang NatalTahun BaruRidwan Kamil