logo rilis

Ridho Ficardo: Pemprov Akan Bangun Jalan Akses Pertanian di Desa
Kontributor

10 April 2018, 21:26 WIB
Ridho Ficardo: Pemprov Akan Bangun Jalan Akses Pertanian di Desa
Calon gubernur Lampung M Ridho Ficardo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Calon gubernur Lampung M Ridho Ficardo menegaskan, bila dirinya terpilih kembali pada Pilgub 27 Juni mendatang, maka pemerintah provinsi akan membantu pembangunan jalan akses pertanian hingga ke desa-desa yang sebetulnya menjadi wewenang kabupaten/kota.

Hal ini disampaikan Ridho menjawab pertanyaan panelis, Rektor Universitas Paramadina, Jakarta, Firmanzah, soal terobosan apa yang bakal dilakukan jika menjabat gubernur kedua kalinya, pada acara dialog sebuah televisi nasional, Selasa (10/4/2018) malam.

"Kita akan bangun jalan akses pertanian di desa-desa. Alhamdulillah, selama saya menjabat satu periode, pembangunan jalan provinsi hampir mencapai 100 persen, sehingga ke depan kita akan fokus pada jalan kabupaten," papar Ridho yang hanya diberikan waktu menjawab sekitar satu menit.

Menurut Ketua DPD Partai Demokrat Lampung ini, meskipun jalan akses pertanian adalah wewenang kab/kota, Pemprov akan membantu pembangunannya melalu program Jalan Usaha Tani.

"Diharapkan, kabupaten/kota bisa terbantu dengan program Jalan Usaha Tani ini sehingga mempercepat akses jalan bagi petani," ujarnya.

Pembangunan infrastruktur tersebut, kata Ridho, akan dibarengi dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia masyarakat Lampung. Salah satunya melalui beasiswa bagi siswa tidak mampu dari tingkat SD, SMP, dan SMA.

"Provinsi sebetulnya hanya berwenang terhadap siswa SMA, tapi kita perluas dari SD dan SMP pun kita berikan beasiswa. Kita juga anggarkan beasiswa untuk di pendidikan tinggi," ujar Ridho.

Hal ini, kata Ridho, karena ia tak ingin masyarakat Lampung menjadi tamu di rumah sendiri karena ketidakmampuan SDM. 

"Pembangunan jalan tol, jalan provinsi, dan jalan desa akan sia-sia kalau SDM masyarakat Lampung tidak ikut meningkat," tutur Ridho yang berpasangan dengan Bachtiar Basri ini.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)