logo rilis

Ribuan Buruh Sukabumi Tuntut Haknya
Kontributor

28 Mei 2018, 17:34 WIB
Ribuan Buruh Sukabumi Tuntut Haknya
Demonstrasi. ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Sukabumi— Ribuan buruh pabrik dari dua perusahaan berbeda di Sukabumi, Jawa Barat, menuntut haknya. Sebab, gaji dan persamaan tunjangan hari rayanya (THR) belum dibayar.

"Kami datang ke sini bukan untuk buat onar, tetapi menuntut upah kami yang belum dibayarkan hingga saat ini dan sudah hampir sebulan," ujar seorang buruh pabrik garmen CV Berkah Alam Saribumi (BAS), Asep, saat aksi di Sukabumi, Senin (28/5/2018).

Ribuan buruh PT YoungHyun Star, Kecamatan Cibadak, pun melakukan aksi serupa di tempat terpisah. Mereka memilih mogok kerja, lantaran adanya dugaan diskriminasi pemberian THR.

Sementara itu, Ketua DPC Federasi Serikat Buruh Kehutanan, Industri Umum, Perkayuan, Pertanian, dan Perkebunan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (FSB Hukatan KSBSI) Sukabumi, Nendar Supriatna, mengatakan, seharusnya perusahaan tak diskriminasi dalam pemberian THR. Apalagi, mayoritas buruh bekerja di atas satu tahun.

"Berikanlah THR sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Jangan membedakan status, tetapi pemberian THR. Itu patokannya," tegasnya.

Hingga kini dikabarkan dua perusahaan tersebut masih berunding dengan para buruh. Puluhan personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi itu.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)