logo rilis
Resmi jadi Presiden, Jokowi Sumpah Jalankan Peraturan UU dengan Lurus
Kontributor
Nailin In Saroh
20 Oktober 2019, 17:05 WIB
Resmi jadi Presiden, Jokowi Sumpah Jalankan Peraturan UU dengan Lurus
Ilustrasi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

RILIS.ID, Jakarta— Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin telah mengikrarkan sumpah sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia di gedung MPR/DPR/DPD RI, Minggu (20/10/2019). Dengan begitu, Jokowi-Ma'ruf resmi menjadi RI-1 dan RI-2 periode 2019-2024.

Wapres 2014-2019, Jusuf Kalla, menyaksikan prosesi pengucapan sumpah. Termasuk rival Jokowi dan Ma,ruf dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. 

"Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya serta berbakti untuk nusa dan bangsa," ucap Jokowi. 
Setelah itu, Ma'ruf bergantian dimintai sumpah sebagai Wakil Presiden RI.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ucap Ma'ruf.

Kemudian, keduanya menandatangani berita acara pelantikan.

Selain Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin, seluruh Pimpinan MPR juga ikut menandatangani berita acara pelantikan.

Sebanyak 689 anggota MPR hadir dalam Sidang Paripurna. Acara Pelantikan Presiden 2019 ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah itu prosesi pelantikan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk para pahlawan bangsa.

Dalam pelantikan tersebut hadir pula tamu kenegaraan dan utusan dari negara-negara sahabat.

Sidang paripurna pelantikan Jokowi-Ma'ruf ini dihadiri oleh 16 pejabat dari berbagai negara, mulai kepala negara hingga pimpinan. Pejabat dalam negeri juga hadir, termasuk Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID