logo rilis
Reshuffle Menguat, Parpol Koalisi Rebutan Jatah Menteri Jokowi
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
13 Januari 2018, 12:01 WIB
Reshuffle Menguat, Parpol Koalisi Rebutan Jatah Menteri Jokowi
Presiden Jokowi. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan pergantian sejumlah menteri seiring mundurnya Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa yang maju di Pilkada 2018. 

Menurut Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus, saat ini partai politik pendukung pemerintah tengah berebut saling mempengaruhi Jokowi untuk menempatkan kadernya di Kabinet Kerja.

"Partai-partai pendukung pasti berusaha untuk mendapatkan jatah kursi kementerian yang akan menjadi target reshuffle mendatang," kata Lucius kepada rilis.id, Sabtu (13/1/2018).

Dia mengatakan, seluruh partai yang tergabung dalam koalisi pemerintah pasti memiliki harapan untuk menempatkan kader sebanyak-banyaknya di Kabinet Jokowi-Jusuf Kalla. Selama ini, kata dia, Jokowi memang kerap terpengaruhi partai-partai yang mendukungnya tersebut dalam mengambil sebuah keputusan.

"Akan tetapi saya kira, Jokowi tidak mutlak bergantung pada tekanan atau pengaruh parpol-parpol tersebut. Selalu ada ruang baginya untuk mengambil keputusan sesuai dengan pertimbangan obyektif," ujar Lucius.

Isu reshuffle kabinet saat ini memang tengah menjadi perhatian publik. Selain Khofifah yang maju di Pemilihan Gubernur Jawa Timur, Jokowi juga dikabarkan akan mengganti Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang saat ini merangkap jabatan sebagai Ketua Umum Partai Golkar.


#Reshuffle
#Jokowi
#Menteri
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)